Library Newsletter | Tel-U Open Library, March 2019

28 March 2019 Oleh ajengayuning

Book Review :

 

Judul : Making Ideas Happen

Penulis : Scott Belsky

Open Library Catalogue : 16.01.831

 

 

"Ideas are easy. Implementation is hard. This book helps you with the hard part."
-Guy Kawasaki, author of Enchantment (amazon)

Buku ini disusun secara luas ke dalam tiga bidang: organisasi dan eksekusi, komunitas, dan kemampuan kepemimpinan. Menurut Scott Belsky, kemampuan untuk membuat gagasan terjadi dapat dikembangkan oleh siapa saja yang bersedia untuk mengembangkan kebiasaan organisasi mereka dan kemampuan kepemimpinan. Itulah sebabnya ia mendirikan Behance, sebuah perusahaan yang membantu orang kreatif dan tim di seluruh industri mengembangkan keterampilan ini.

 Scott Belsky tampaknya ditujukan bagi orang yang bergerak di industri kreatif atau orang dalam berada di belakang layar industri kreatif, tapi buku ini adalah untuk semua orang, Apakah Anda seorang pengusaha, karyawan, freelancer, profesional atau secara pribadi, kita semua memiliki ide (kecil atau besar) yang sedang berupaya untuk mewujudkan ide yang kita miliki ke kehidupan menjadi sebuah proyek yang di eksekusi secara nyata. Tetapi banyak dari kita berjuang dengan bagaimana cara mewujudkannya. Dan kita semua pasti salah satu dari mereka, saya menganggap diri saya seorang inisiator & sangat jeli, dan selalu memiliki ide yang sering dipikirkan tapi kehilangan minat  ketika saya untuk mewujudkannya.

Selama bertahun-tahun, Belsky telah mempelajari pelaksanaan dan organisasi di dunia kreatif & di antara para pengusaha, dan bagaimana beberapa orang, tim, dan organisasi dapat secara konsisten mengeksekusi ide mereka berkali-kali. Dalam buku ini, ia berbagi apa yang telah dipelajari — metode, strategi, pemandangan, dan praktik terbaik yang digunakan oleh orang dan tim kreatif terkemuka di seluruh industri. Kemudian dia menjabarkan tiga komponen untuk membuat ide terjadi: organisasi dan eksekusi, memanfaatkan komunitas Anda, dan mengembangkan kemampuan kepemimpinan
.
Isi buku ini tidak mengenai sesuatu yang inovatif, lebih kepada pengingatada banyak ide yang dapat ditindaklanjuti berharga untuk menjadi hal terbaik yang dibuat, dan dia melakukan penelitian & bekerja. Anggap itu sebagai buku produktivitas untuk ide. Lingkungan kerja telah berubah begitu banyak, sehingga tidak segala sesuatu dalam buku ini akan menjadi relevan untuk semua orang, tetapi ada wawasan berharga Anda dapat menerapkan profesional & secara pribadi. Hal yang  utama adalah bahwa kunci untuk berpikir secara berbeda tentang eksekusi ide adalah kemampuan anda untuk mengatur ide dan mengelola waktu anda dengan bijak, sama seperti untuk banyak hal dalam hidup. Organisasi & produktivitas adalah mereka KEY, tapi begitu mudah diucapkan daripada dilakukan. Scott menganjurkan bahwa "segala sesuatu dalam hidup harus didekati sebagai sebuah proyek," dan setiap proyek dapat dipecah dalam serangkaian praktek yang ia sebut, "metode aksi".

 

 


 

BOOK RECOMMENDATION :

 

                                                

18.01.1063

SELF-IMPROVEMENT

19.01.251

PUBLIC SPEAKING

19.01.123

ENTREPRENEURSHIP

 

 


 

 

Tel-U Open Library Events Highlight (Maret 2019)

 

KEPALA PERPUSTAKAAN TELKOM UNIVERSITY MENGIKUTI PELATIHAN PERPUSTAKAAN “OPTIMALISASI PUSTAKAWAN MENUJU IMPLEMENTASI DIGITAL LIBRARY”

   

 

 

(23/3) Bank Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Perpustakaan dengan tema “OPTIMALISASI PUSTAKAWAN MENUJU IMPLEMENTASI DIGITAL LIBRARY” bagi Perpustakaan yang bekerjasama dengan Bank Indonesia, acara tersebut diselenggarakan di Trans Luxury Hotel pada tanggal 21-23 Maret 2019. Acara dibuka dengan sambutan oleh Bpk. Achmad Subarkah pada pukul 13.30. Dalam sambutannya Bpk. Achmad Subarkah menyampaikan terimakasih kepada Dispusipda Jabar yang telah menghadirkan narasumber dalam pelatihan ini serta harapan dari diadakannya pelatihan ini, yaitu aktivasi BI Corner dapat terus ditingkatkan. Lalu dilanjutkan dengan sambutan Bpk. H. Riadi., SKM., MPH, kepala Dispusipda Jabar. Dalam sambutannya, Bpk. H. Riadi., SKM., MPH. menyampaikan rasa terimakasih atas dukungan Bank Indonesia dalam literasi dan mengapresiasi program BI Corner yang telah berjalan sampai saat ini.

Dalam pelatihan hari pertama ini, peserta mendapatkan materi mengenai Sumber-Sumber Informasi yang disampaikan oleh Ibu Siti Djuwariyah, Strategi Penelusuran Informasi yang disampaikan oleh Ibu Siti Herta Anggia, serta Teknik Pendayagunaan Informasi yang disampaikan oleh Bpk. Asep Saeful Rohman.

Pelatihan memasuki hari kedua. Acara dimulai pukul 08.00 setelah peserta melaksanakan sarapan pagi. Materi yang disampaikan adalah Teknik Pengemasan Informasi yang disampaikan oleh Ibu Tuty Julianty, lalu dilanjutkan oleh Ibu Oom dengan materi Etika Profesi Bidang Informasi, kemudian materi Perpustakaan sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat yang disampaikan oleh Ibu Ena Ratna, materi mengenai Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang disampaikan oleh Ibu Iis Mulyani dan materi terakhir dari Ibu Candrawulan dengan materi Kerjasama dan Strategi Pengembangan Perpustakaan.

 

----------------------------------------------------------

 TELKOM UNIVERSITY OPEN LIBRARY MENGHADIRI  ACARA KUNJUNGAN SPESIFIK KOMISI XI DPR RI DI KANTOR BANK INDONESIA BANDUNG