Benchmark Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makasar

11 January 2016 Oleh yudhinugrohoadi

 

Dekan, Wakil Dekan, beserta jajaran Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makasar melakukan benchmark ke Telkom University Openlibrary di Gedung Bangkit Lt. 4 Telkom University Jln. Telekomunikasi No. 1 Terusan Buahbatu Kab. Bandung, Senin (11/1). Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengetahui sistem manajemen dan otomasi yang digunakan oleh Unit SDK (Sumber Daya Keilmuan) & Perpustakaan Telkom University.


Walaupun masih memiliki jumlah koleksi yang masih jauh lebih sedikit dari Universitas Hasanuddin, Telkom University Openlibrary memiliki keunggulan-keunggulan dalam hal sistem otomasi serta fasilitas pedukung yang menunjang kegiatan layanan perpustakaan kepada sivitas akademika. Keunggulan tersebut diantaranya pengelolaan digital library dan repository dengan mekanisme unggah mandiri approval dan publish dengan filter hak akses, e-journal yang dapat diakses menggunakan VPN dari luar kampus, refreshment corner bagi mahasiswa, serta adanya aplikasi ithenticate untuk melakukan pengecekkan plagiarism.

Pihak Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin sangat antusias terhadap presentasi yang diberikan oleh Kepala Bagian Unit SDK & Perpustakaan, Ibu Nurul Fitria, terutama dalam hal pengelolaan digital library & repository, akses e-journal menggunakan VPN dan aplikasi ithenticate. Mereka berharap dapat mengaplikasikan sistem tersebut di Universitas Hasanuddin untuk kedepannya.


Kepala Bagian Perpustakaan Telkom University pun mengungkapkan “pihak kami siap membantu dan sangat terbuka apabila pihak Unhas membutuhkan bantuan dalam hal mempelajari sistem tersebut”.
Dengan adanya pertemuan tersebut diharapkan kedua belah pihak dapat menjalin komunikasi yang lebih baik terutama dalam hal sharing knowledge mengenai sistem perpustakaan untuk menunjang kegiatan belajar para sivitas akademika di masing-masing institusi.

Informasi Lainnya