Kunjungan Universiti Selangor

12 January 2016 Oleh noravw

Senin (11/1) pagi, Unit Sumber Daya Keilmuan dan Perpustakaan Telkom University tiba-tiba kedatangan tamu dari jauh, Ibu Fadilah Binti Darini. Perempuan berjilbab yang diantar ke Telkom University oleh salah seorang kerabatnya itu, ternyata merupakan pengurus perpustakaan di Universiti Selangor Malaysia, yang kebetulan tengah berkunjung ke Bandung.

“Maafkan kedatangan saya yang mendadak. Keinginan untuk berkunjung ke perpustakaan Telkom (University) baru terpikir tadi pagi. Alhamdulillah bisa diterima dengan baik,” ujarnya dalam Bahasa Melayu yang khas.

Ibu Fadilah datang untuk mengetahui konsep yang diusung perpustakaan Telkom University, terutama dalam hal penataan katalog dan sistem teknologi informasi yang digunakan. Dia mengungkapkan bahwa Universiti Selangor merupakan perguruan tinggi yang baru berdiri pada 1999, dan kampusnya terbagi 2 (dua), di Shah Alam dan Bestari Jaya. Perpustakaannya sendiri berada di kampus Bestari Jaya, yang letaknya sekitar 70 km dari kampus Shah Alam.

“Jumlah pengunjung ke perpustakaan kami masih sedikit, karena mereka lebih senang ke perpustakaan perguruan tinggi sebelah yang sudah ada lebih dulu,” ujarnya.

Kepala Bagian SDK dan Perpustakaan Telkom University Ibu Nurul Fitria dengan senang hati menjelaskan mengenai “Open Library” serta sistem teknologi informasi yang dibangun secara mandiri oleh internal Telkom University. Selain itu, Ibu Nurul juga bercerita tentang kerjasama perpustakaan Telkom University dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) dalam program “Indonesia One Search” (IOS). Intinya, sistem teknologi informasi yang dibangun secara mandiri oleh Telkom University tidak mengalami kesulitan untuk berkolaborasi dengan sistem teknologi informasi lain.

“Dengan kata lain kami sangat terbuka untuk bekerja sama dengan institusi lain, misalnya dalam hal sharing knowledge atau program magang. Silakan, kami dengan senang hati melakukannya,” ungkapnya.***

 

 

Informasi Lainnya