Perancangan Visual Identity Untuk Kawasan Situs Cagar Budaya Arca Jokodolog di Surabaya

ANGGA INDRAWAN FAUZI

Informasi Dasar

15.04.128
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Warisan Budaya yang bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan di air yang perlu dilestarikan keberadaannya, karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan kebudayaan melalui proses penetapan. Salah satu Situs Cagar Budaya yang tertua dan terunik di Surabaya yaitu Arca Jokodolog. Permasalahan yang dibahas mengenai tidak adanya identitas (identity) sebagai pembeda atau ciri khas dalam melakukan strategi komunikasi, dikarenakan kurang dikenalnya Situs Cagar Budaya Arca Jokodolog oleh masyarakat Surabaya sebagai Situs penting dalam kaitannya dengan sejarah berdirinya dan terbentuknya kota Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkomunikasikan citra (image) yang positif dari Situs Cagar Budaya Arca Jokodolog kepada khalayak sasaran dan target audience. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif, terdiri dari metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat perancangan Visual Identity dan strategi komunikasi yang efektif terhadap Situs Cagar Budaya Arca Jokodolog Surabaya. Perancangan Visual Identity ini menggunakan berbagai macam media utama, aplikasi dasar dan pendukung. Metode analisis data yang digunakan, yaitu SWOT dan AIO. Strategi komunikasi yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan target audience itu sendiri sebagai sarana promosi dan memanfaatkan event peringatan World Heritage Day. Dengan media utama logo, media aplikasi logo berupa sign system, environment signage, visual identity guidelines book dan media pendukung yaitu corporate identity, merchandise, video teaser tourism.

Berdasarkan hasil dan konsep yang diterapkan pada Perancangan Visual Identity ini, akan mampu menjadi solusi yang efektif untuk Situs Cagar Budaya Arca Jokodolog di Surabaya dalam melakukan komunikasi.

Kata Kunci : Situs Cagar Budaya, Arca Jokodolog, Visual Identity.

Subjek

GRAPHIC DESIGN
 

Katalog

Perancangan Visual Identity Untuk Kawasan Situs Cagar Budaya Arca Jokodolog di Surabaya
 
125p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANGGA INDRAWAN FAUZI
Perorangan
Riky Azharyandi Siswanto,Syarip Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Komunikasi Visual
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini