ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN POS DAN SCANNER PADA BISNIS RETAIL IT SOLUTION DI PT. KAHAR DUTA SARANA CABANG BANDUNG PADA TAHUN 2013

DIANA PERWITASARI

Informasi Dasar

15.04.164
381.450 020.68
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengendalian persediaan merupakan salah satu masalah yang dihadapi perusahaan. Perusahaan ingin mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan jumlah dan waktu yang tepat sehingga dapat meminimalkan biaya yang dikeluarkan. Terkait dengan hal ini, maka penelitian dilakukan di PT. Kahar Duta Sarana Cabang Bandung yang merupakan salah satu perusahaan multinasional yang bergerak dibidang IT Solution degan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian persediaan sebelum menggunakan metode economic order quantity (EOQ) dan mengetahui bagaimana pengendalian persediaan sesudah menggunakan metode EOQ.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif non- statistic. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan pengamatan, pengumpulan data, melakukan definisi masalah, kerangka teoritis, penyusunan hipotesis, desain penelitian ilmiah, deduksi menyatakan apakah hipotesis diterima atau tidak, pembahasan hasil dan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengendalian persediaan POS dan Scanner sebelum dan sesudah menggunakan metode EOQ dapat disimpulkan jika sebelum menggunakan metode EOQ pada produk satu diperoleh hasil bahwa rata-rata pembelian produk (Q) sebanyak 33. Total biaya persediaan (TIC) yang dikeluarkan sebesar Rp. 4.718.252,55 serta Reorder point (ROP) dilakukan setiap bulan atau 12 kali. Setelah produk satu menggunakan metode EOQ, maka diperoleh hasil bahwa rata-rata pembelian produk (Q) sebanyak 134. Total biaya persediaan (TIC) yang dikeluarkan sebesar Rp. 2.185.841,26 serta Reorder point (ROP) dilakukan 5 kali. Dengan menggunakan metode EOQ, perusahaan dapat meminimalkan biaya persediaan sebesar 50%.

Kata kunci : jumlah pemesanan ekonomis, EOQ, persediaan

Subjek

Management - operation
 

Katalog

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN POS DAN SCANNER PADA BISNIS RETAIL IT SOLUTION DI PT. KAHAR DUTA SARANA CABANG BANDUNG PADA TAHUN 2013
-
94p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIANA PERWITASARI
Perorangan
SRI WIDIYANESTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Dan Informatika
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini