PERANCANGAN KENDALI VALVE DAN PEMANTAUAN PENDISTRIBUSIAN CAIRAN PADA TANGKI(Design Valve Control and Monitoring Distribution of Liquid at Tank)

HARAPAN LISMANTO GRATIANUS

Informasi Dasar

15.04.321
621.317
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka dimunculkan berbagai jenis inovasi terbarukan. Perkembangan industri yang menuju sistem kendali merupakan salah satu perkembangan teknologi. Sistem kendali secara umum memberikan ruang yang nyaman terhadap dunia industri, baik kepada pihak perusahaan yang bersangkutan maupun kepada teknisi sebagai pekerja. Contohnya adalah kendali valve pada tangki di bidang industri penghasil produksi cairan, seperti minyak, bahan kimia dan sebagainya. Kendali valve dapat dibentuk dari beberapa sistem kendali, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem kendali Fuzzy logic. Pada Tugas Akhir ini, dibentuk sebuah sistem kendali valve yang dapat mengatur pembukaan dan penutupan valve sesuai dengan pengkodisian. Pengkodisian tersebut berdasarkan kondisi ketinggian air pada tangki saat sebelum terjadinya pendistribusian di tiap-tiap tangki. Pengkodisian tangki berasal dari pembacaan ketinggian air yang dibaca oleh sensor SRF 06 yang terdapat di dalam tabung. Dari hasil pengujian, sistem kendali valve dapat membuka dan menutup secara otomatis dan memiliki tingkat linear yang mendekati sempurna antara sistem kendali valve keran dengan ketinggian tangki. Serta memiliki error 2% sesaat menutup rapat valve, dikarenakan keterbatasan antara logika fuzzy dan kemampuan motor untuk mengendalikan valve untuk menutup rapat

Kata kunci: Fuzzy logic, Valve, dan sensor SRF06

Subjek

CONTROL SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN KENDALI VALVE DAN PEMANTAUAN PENDISTRIBUSIAN CAIRAN PADA TANGKI(Design Valve Control and Monitoring Distribution of Liquid at Tank)
 
38p.: pdf file.; daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HARAPAN LISMANTO GRATIANUS
Perorangan
Porman Pangaribuan, Junartho Halomoan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini