Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Pada PT Dwi Indah Plant Gunung Putri Dengan Metode Algoritma BLOCPLAN

ADITYO PRATAMA

Informasi Dasar

15.04.338
658.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Dwi Indah adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi plastik. Pada awal didirikannya pada tahun 1956 perusahaan ini bergerak di bidang distribusi barang-barang dan peralatan kantor. Kegiatan produksi dilakukan di Kab. Gunung Putri, Bogor, Sedangkan kegiatan perusahaan berpusat di Jakarta. Kemudian pada tahun 1995, perusahaan mengembangkan usahanya ke spesialisasi percetakan dalam gulungan menggunakan letter press dan menggunakan flexograph dengan tambahan teknologi digital converting machine dalam kertas, print, thermal transfer ribbon, dan film.

PT Dwi Indah memiliki 2 divisi utama yaitu divisi core paper dan divisi plastik. Pada kedua divisi tersebut terjadi backtracking pada proses produksinya. Backtracking yang terjadi dapat memperbesar momen perpindahan material. Membesarnya momen perpindahan material jelas akan memperbesar biaya operasional PT Dwi indah. Berdasarkan penelitian yang terjadi akan digunakan algoritma BLOCPLAN untuk memperbaiki tata letak fasilitas produksi PT Dwi Indah. Algoritma BLOCPLAN bekerja dengan cara membangun dan mengubah tata letak fasilitas dengan parameter total jarak tempuh yang minimum dengan cara mempertukarkan antar fasilitas/workstation. Kemudian dari hasil layout usulan algoritma BLOCPLAN akan dibandingkan dengan tata letak eksisting.

Pada penelitian ini layout yang dihasillkandapat mengurangi total momen perpindahan hingga 2739,1 meter/hari dan dan tingkat efisiensi sebesar 55% apabila dibandingkan dengan layout eksisting. Dapat ditarik kesimpulan bahwa algoritma BLOCPLAN dapat digunakan untuk meminimasi total momemen perpindahan material yang terjadi pada lantai produksi PT Dwi Indah.

Subjek

ENGINEERING OPTIMIZING
 

Katalog

Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Pada PT Dwi Indah Plant Gunung Putri Dengan Metode Algoritma BLOCPLAN
 
var.p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADITYO PRATAMA
Perorangan
Muhammad Iqbal, Devi Pratami
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini