REALISASI SISTEM DETEKSI KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENGOLAHAN VIDEO

CITRA ZASKIA PRATIWI

Informasi Dasar

15.04.457
621.3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Semakin berkembangnya pemrosesan digital menjadi topik menarik untuk pengerjaan tugas akhir. Topik tugas akhir yang banyak diambil oleh mahasiswa terutama berhubungan dengan pemrosesan video. Pemrosesan video biasanya digunakan untuk mendeteksi dan menghitung objek bergerak seperti kendaraan sehingga sering dimanfaatkan untuk sistem monitoring lalu lintas.

Dalam pengerjaan tugas akhir ini, dibuat suatu sistem deteksi yang dapat menentukan jenis kendaraan dan menghitung jumlah kendaraan dengan menggunakan pengolahan video.Metode yangdigunakan dalam penentuan jenis dan jumlah kendaraan adalah metode Fuzzy Clustering Means. Metode tersebut digunakan untuk mengklasifikasikan kendaraan berdasarkan luas, lebar, tinggi, dan rasio. Rasio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi kendaraan. Ada 3 jenis kendaraan yang dideteksi yaitu sepeda motor, mobil, dan bus. Skenario pengujian yang dilakukan antara lain perhitungan tingkat akurasi berdasarkan interval frame, perhitungan tingkat akurasi berdasarkan jumlah data latih, dan perhitungan waktu komputasi berdasarkan interval frame.

Hasil pengujian pada sistem menunjukkan tingkat akurasi untuk perhitungan kendaraan. Interval frame mempengaruhi tingkat akurasi dengan tingkat akurasi maksimal sebesar 82,23% yang didapatkan dengan memasukkan interval sebesar 5. Sedangkan jumlah data latih tidak mempengaruhi tingkat akurasikarena didapatkan hasil yang sama yaitu 82,23%. Waktu komputasi minimum sebesar 3,5444 detik yang didapatkan saat pengujian dengan menggunakan interval sebesar 15.

Kata Kunci :kendaraan, video, fuzzy clustering means

Subjek

TELECOMMUNICATION ENGINEERING
 

Katalog

REALISASI SISTEM DETEKSI KENDARAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENGOLAHAN VIDEO
 
var.p.:pdf file.;daftar pustaka + lam.
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CITRA ZASKIA PRATIWI
Perorangan
Bambang Hidayat, Suci Aulia
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini