PERANCANGAN TECHNOLOGY ARCHITECTUREUNTUK FUNGSI AKADEMIK PADA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI (IPDN) MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM STUDI KASUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD)

FADLY MUHAMMAD

Informasi Dasar

15.04.653
005.262
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) dalam sebuah perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas dan layanan bisnis. Dalam merancang sistem, sebaiknya dilihat dari berbagai sudut pandang terutama sudut pandang pengembang sistem, yang dimulai dari mendefinisikan arsitektur bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi yang akan dibangun. Sebagai sebuah institusi pemerintahan, Insitut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) telah menggunakan sistem informasi sebagai penunjang kegiatan organisasi, yaitu Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) yang digunakan sebagai sarana penunjang dalam meningkatkan pelayanan akademik. Sistem informasi yang diharapkan adalah sebuah sistem yang memiliki kesesuaian dengan kebutuhan organisasi dan dapat menyelaraskan strategi bisnis dan TI pada IPDN. Khususnya dalam bidang teknologi, permasalahan yang ada ialah kurangnya pengontrolan keamanan terhadap jaringan, tidak adanya pemisahan server sehingga menyebabkan kinerja server kurang optimal dan bisa menimbulkan permasalahan di kemudian hari, serta tidak adanya back-up jaringan. Sesuai dengan permasalahan yang terjadi maka IPDN seharusnya memiliki Enterprise Architecture. Analisis dan perancangan enterprise architecture menggunakan framework TOGAF ADM. Penggunaan TOGAF ADM dalam melakukan analisis dan perancangan ini karena ADM bersifat fleksibel, iteratif, detail dan sangat cocok diimplementasikan pada suatu organisasi yang belum memiliki EA. Dalam melakukan perancangan EA digunakan software MEGA Suite sebagai tool untuk menghasilkan deliverable berupa katalog, matriks, dan diagram. Perancangan Technology Architecture di IPDN ini menghasilkan blueprint technology architecture yang dapat digunakan sebagai acuan atau dasar dalam pengembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Diharapkan juga dapat mengantisipasi permasalahan yang terjadi dan menjadi solusi dari seluruh masalah yang terjadi. Kata Kunci : Enterprise Architecture, TOGAF ADM, Technology Architecture, SIAKAD, IPDN

Subjek

COMPUTER PRAGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN TECHNOLOGY ARCHITECTUREUNTUK FUNGSI AKADEMIK PADA INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI (IPDN) MENGGUNAKAN FRAMEWORK TOGAF ADM STUDI KASUS SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADLY MUHAMMAD
Perorangan
Murahartawaty, Ridha Hanafi
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini