Studi Model Bisnis Rumah Makan GeTol Di Bandung Dengan Pendekatan Business Model Canvas.(Studi Kasus Pada Rumah Makan GeTol)

YUSUF ARYANTO

Informasi Dasar

15.04.702
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah makan GeTol merupakan salah satu usaha bisnis kuliner rumah makan yang ada di Kota Bandung. Tingginya tingkat persaingan dan pangsa pasar yang semakin tumbuh membuat rumah makan GeTol harus melakukan strategi untuk memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi gambaran model bisnis rumah makan GeTol. Dalam studi model bisnis, peneliti harus menggunakan sembilan building block business model canvas antara lain customer segments, value propositions, channel, customer relations, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships dan cost structure. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data modeling dan kualitatif. Modeling dengan melakukan penyebaran kuesioner kemudian dianalisis menggunakan business model canvas yang setiap building block juga dianalisis dengan SWOT yang selanjutnya dirumuskan dengan IPA matrix. Sedangkan kualitatif dengan melakukan wawancara semi struktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran model bisnis rumah makan GeTol saat ini sudah cukup baik. Saran kepada rumah makan GeTol yaitu sebaiknya rumah makan GeTol menerapkan model bisnis yang dibuat berdasarkan penelitian yang berpedoman pada teori Osterwalder & Pigneur. Untuk menghadapi pesaing, rumah makan GeTol mensiasatinya dengan menentukan segmentasi pasar dan menyesuaikan harga produk sesuai dengan segmen yang di dipilih, menyediakan menu seafood organik dan menu non kolesterol agar dapat menyentuh seluruh lapisan konsumen. Selain itu, perlunya kegiatan pemasaran secara maksimal agar tersampaikannya nilai rumah makan GeTol secara cepat dan tepat sasaran.

Kata Kunci: Industri kuliner, Analisis SWOT, Business Model, Business Model Canvas, IPA matix, Studi Mode Bisnis.

Subjek

Management strategic
 

Katalog

Studi Model Bisnis Rumah Makan GeTol Di Bandung Dengan Pendekatan Business Model Canvas.(Studi Kasus Pada Rumah Makan GeTol)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUSUF ARYANTO
Perorangan
Dini Turipanam Alamanda
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini