PERANCANGAN SPEAKER RECOGNITION PADA SISTEM KENDALI LAMPU BERBASIS MIKROKONTROLER

YULIA NUR UTAMI

Informasi Dasar

15.04.1249
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Teknologi merupakan suatu hal yang sangat bermanfaat bagi kehidupan banyak orang untuk saat ini. Semua aspek kehidupan dapat memanfaatkan teknologi sesuai dengan bidang yang dibutuhkan, salah satunya adalah kendali rumah. Suatu rumah dapat diautomatisasikan hanya dengan suara saja. Untuk membuat sistem tersebut maka dibutuhkan suatu perangkat yang mendukung untuk memproses suara dan mengontrol perangkat rumah. 
Pada tugas akhir ini, penulis telah merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem lampu otomatis menggunakan suara yang berbasiskan mikrokontroler Arduino Uno. Secara garis besar sistem ini menggunakan dua buah metoda yaitu MFCCs sebagai ekstraksi ciri dan jaringan saraf tiruan Backpropagation sebagai pencocokan cirinya. Suara yang dikeluarkan akan masuk melalui Arduino Uno dan akan diekstraksi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan pada saat membuat program MFCC sistem tersebut. Keluaran dari sistem ini berupa koefisien MFCCs yang akan diteruskan masukan untuk proses pencocokan ciri pada jaringan saraf tiruan Backpropagation. Pada proses inilah  Arduino Uno akan mengaktifkan relay untuk menyalakan ataupun mematikan lampu. 

Dengan sistem ini, kita dapat menyalakan dan mematikan lampu hanya dengan menggunakan suara saja. Sistem ini menghasilkan 80.23 % akurasi sistem yang menyatakan bahwa sistem ini cukup layak untuk menjadi sitem kendali lampu.

Kata kunci: MFCC, Backpropagation, Arduino Uno, lampu otomatis

Subjek

MICROPROCESSORS - MICROCONTROLLERS
 

Katalog

PERANCANGAN SPEAKER RECOGNITION PADA SISTEM KENDALI LAMPU BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YULIA NUR UTAMI
Perorangan
R.Rumani, Nurfitri Anbaranti
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini