PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MULTIMEDIA AJISAKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 02 Polanharjo Klaten)

RIFQI NURLAILLI ROCHMAWATI

Informasi Dasar

15.04.1292
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Rochamawati, Rifqi Nurlailli. 2015. Perancangan User Interface Aplikasi Multimedia AJISAKA Sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa (Studi Kasus SDN 02 Polanharjo, Klaten). Tugas Akhir. Program Studi Desain Komunikasi. Fakultas Industri kreatif. Telkom University. Aksara Jawa produk budaya Jawa yang perlu dilestarikan. Pemerintah melalui dinas pendidikan memasukan pembelajaran aksara Jawa pada pembelajaran Bahasa Jawa dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah keatas. Pembelajaran aksara Jawa dirasa kurang karena dalam satu minggu anak-anak hanya mendapatkan waktu dua jam, oleh karena itu diperlukan media pendamping dalam proses pembelajaran sehingga anak-anak bisa belajar aktif. Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran selain itu juga multimedia dapat menarik dan menumbuhkan minat untuk belajar anak. Metode perancangan yang digunakan adalah dengan melakukan pengumpulan data (wawancara, observasi, dan studi literatur), kemudian melakukan analisis data dengan metode kualitatif. Dari hasil analisis data, didapatlah aplikasi multimedia AJISAKA sebagai media pendukung pembelajaran aksara Jawa untuk menarik minat untuk belajar. Kata Kunci : User Interface, Media Pembelajaran, Multimedia, dan Aksara Jawa

Subjek

DESIGN USER INTERFACE
 

Katalog

PERANCANGAN USER INTERFACE APLIKASI MULTIMEDIA AJISAKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKSARA JAWA (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 02 Polanharjo Klaten)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFQI NURLAILLI ROCHMAWATI
Perorangan
Aris Rahmansyah, Muhammad Iskandar
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini