USULAN PERBAIKAN PROSES DAUR ULANG ALUMINIUM MENJADI DUDUKAN BENANG DI ART ALUMINIUM CASTING (ARTAL CAST) CIMAHI UNTUK MENGURANGI WASTE DENGAN MENGGUNAKAN LEAN MANUFACTURING

ARIE GEDE PUTRA

Informasi Dasar

15.04.1328
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Art Aluminium Casting atau yang dikenal dengan Artal Cast merupakan perusahaan yang bergerak dibidang daur ulang aluminium dengan memanfaatkan sampah berbahan aluminium yang sudah tidak terpakai. Salah satu produk yang diminati oleh para konsumen adalah part mesin pabrik berupa dudukan benang. Berdasarkan informasi dari Art Aluminium Casting diketahui bahwa sering terjadi keterlambatan penyelesaian pesanan para konsumen. Keterlambatan tersebut terjadi karena para operator tidak mampu memenuhi waktu standar yang telah ditetapkan. Hal tersebut karena ditemukan pemborosan (waste) pada proses daur ulang aluminium menjadi dudukan benang.

Value Stream Mapping dan Process Activity Mapping digunakan untuk menemukan pemborosan atau waste yang terjadi diproses daur ulang aluminium di Artal Cast. Dari Value Stream Mapping diketahui terdapat kegiatan non value added sebesar 16% atau 605,5 detik dan kegiatan value added 84% atau 3223,2 detik dengan lead time 3828,7 detik. Dari Process Activity Mapping, ditemukan pemborosan Delay dan Transportation masing-masing sebesar 9,5% dan 6,5%.

Untuk menghilangkan pemborosan yang ada pada proses daur ulang aluminium digunakan lean manufacturing. Value Stream Mapping future state menunjukan bahwa persentasi kegiatan value added meningkat menjadi 99% dengan waktu 3244,1 detik dengan lead time 3263,4 detik. Process Activity Mapping future state menunjukan bahwa Delay dapat tereliminasi dan Transportation berkurang menjadi 1%.

Subjek

MANUFACTURING PROCESS
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN PROSES DAUR ULANG ALUMINIUM MENJADI DUDUKAN BENANG DI ART ALUMINIUM CASTING (ARTAL CAST) CIMAHI UNTUK MENGURANGI WASTE DENGAN MENGGUNAKAN LEAN MANUFACTURING
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIE GEDE PUTRA
Perorangan
Rino Andias Anugraha, Murni Dwi Astuti
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini