PERANCANGAN SERVICE DESIGN PADA LAYANAN ANGKUTAN BARANG PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3

MIFTA AZIZ

Informasi Dasar

15.04.1330
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang menyediakan, mengatur,  dan  mengurus  jasa  angkutan  kereta  api  di Indonesia. PT  Kereta  Api  Indonesia  (Persero)  telah  mengembangkan struktur dan sistem tata kelola teknologi informasi pada tahun 2012. Penerapan Good  Corporate  Governance (GCG)  atau  Tata Kelola Perusahaan yang baik di PT  Kereta  Api  Indonesia  (Persero) terus ditingkatkan dengan berpedoman pada peraturan Menteri Negara BUMN Nomor. PER-01/MBU/2011 tentang Penerapan  Tata  Kelola Perusahaan yang Baik pada BUMN. 

Berdasarkan hasil assessment yang dilakukan pada penelitian, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) masih memiliki kekurangan dalam hal penyampaian layanan TI oleh Unit Sistem Informasi kepada Unit Bisnis Layanan Angkutan Barang, yaitu tidak adanya dokumentasi yang dapat membangun layanan TI agar selaras dengan tujuan bisnis dan memberikan kepuasan kepada pelanggan (Unit Bisnis Layanan Angkutan Barang). Untuk itu PT. Kereta Api Indonesia (Persero) berusaha mengimplementasikan ITIL versi 3 dalam hal perancangan service design untuk meningkatkan kualitas layanan melalui penerapan layanan.

Perancangan service design yang dilakukan pada penelitian ini akan berfokus pada perancangan domain service catalogue management dan service level management. Perancangan service design yang dilakukan pada penelitian ini akan menghasilkan dokumen service catalogue, service portofolio, service level agreement, operational level agreement dan service level requirement. Hasil Perancangan service design yang dihasilkan akan menjadi rekomendasi bagi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) untuk meningkatkan kualitas layanan TI yang dimiliki.

Kata kunci: Good Corporate  Governace, IT Governance, ITIL, Service Design, Service Catalogue Management, Service Level Management.

Subjek

System - analis
Skripsi, KARYA ILMIAH,

Katalog

PERANCANGAN SERVICE DESIGN PADA LAYANAN ANGKUTAN BARANG PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL VERSI 3
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTA AZIZ
Perorangan
Murahartawaty, Eko Kusbang Umar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini