REALISASI TRANSCEIVER GSM DENGAN MENGGUNAKAN USRP DAN PERANGKAT LUNAK GNURADIO

ANDI TEGUH R

Informasi Dasar

15.04.1569
621.384 56
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

GNU Radio merupakan salah satu software yang memiliki banyak kegunaan, selain untuk kegiatan pembelajaran, software ini banyak digunakan untuk menggantikan peran dari beberapa blok yang ada pada sistem komunikasi seperti mixer, modulator/demodulator, filter dan sebagainya yang biasa disebut sebagai teknologi SDR (Software Defined Radio). Software ini dirancang untuk mengolah sinyal yang diterimanya. Perangkat yang biasa digunakan sebagai transceiver (pengirim dan penerima sinyal) adalah USRP (Universal Software Radio Peripheral). Penggunaan GNU Radio dan USRP selama ini yang banyak diketahui adalah untuk aplikasi OpenBTS, tetapi sebenarnya masih banyak kegunaan dan fungsi – fungsi lain dari penggunaan GNU Radio dan USRP.

Pada penelitian tugas akhir ini dilakukan realisasi transceiver GSM dengan menggunakan beberapa fungsi yang terdapat pada GNU Radio. Untuk melihat beberapa parameter-parameter dari komunikasi antara BTS dan MS yang dapat diketahui lewat aplikasi Gr-GSM dan juga untuk mengetahui level kuat sinyal yang diterima oleh MS pada frekuensi tertentu dengan menggunakan UHD FFT. Selain itu akan dilihat juga fungsi transceive menggunakan aplikasi UHD Siggen Gui.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah fungsi transceive yang dijalankan melalui aplikasi UHD Siggen Gui dapat menghasilkan sinyal sinusoidal, gaussian noise, uniform noise, sweep dan two tone sedangkan fungsi receive yang dijalankan UHD FFT dapat digunakan untuk mengukur RX Level dalam bentuk spektrum frekuensi. Dari hasil pengukuran RX Level pada frekuensi tengah 945,2 MHz dimana terlihat spektrum frekuensi kanal ARFCN 49 s/d 52, untuk kanal ARFCN 49 didapat nilai RX Level sebesar -110 dB s/d -125 dB, ARFCN 51 bernilai -75 dB s/d -100 dB, dan ARFCN 52 bernilai -100 dB s/d -65 dB. Selain itu dengan menggunakan aplikasi Gr-GSM dapat dilihat pesan – pesan signalling yang dikirimkan BTS ke MS melalui kanal BCCH yang didalamnya terdapat parameter-parameter untuk cell selection dan reselection, frekuensi hopping, location area identification, IMSI/TMSI, dan signal/noise ratio

Kata Kunci : Software Defined Radio (SDR), GSM, GNU Radio, USRP

Subjek

cellular telephone systems
 

Katalog

REALISASI TRANSCEIVER GSM DENGAN MENGGUNAKAN USRP DAN PERANGKAT LUNAK GNURADIO
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI TEGUH R
Perorangan
Hafidudin, Mochammad Fahru Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini