MATDIS (MATEMATIKA DISKALKULIA) Aplikasi Terapi Matematika untuk Anak Diskalkulia

Abdillah Hidayatulloh, Faisal Rifai, Mela Kania Haq

Informasi Dasar

15.06.317
C
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Matematika seringkali dianggap sebagai pelajaran yang menakutkan dan dihindari oleh beberapa siswa khususnya di bangku Sekolah Dasar (SD). Mereka mengeluhkan bahwa pelajaran matematika dan soal yang diberikan sulit untuk dikerjakan. Hal ini mengakibatkan anak yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika (anak diskalkulia) kesulitan dalam mengerjakan tugas yang melibatkan angka maupun simbol matematika. Anak diskalkulia bukan tidak mampu untuk belajar, namun mengalami kesulitan tertentu yang menjadikannya tidak siap untuk belajar. Oleh karena itu, anak diskalkulia membutuhkan latihan soal-soal yang diharapkan dapat membantu dalam mengatasi kesulitan mengerjakan soal matematika.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dalam proyek akhir ini dibuatlah sebuah aplikasi pembelajaran matematika berbasis mobile android untuk anak diskalkulia yaitu Aplikasi MATDIS (Matematika Diskalkulia). Aplikasi ini memberikan enam (6) menu utama, yaitu menu Memori, Baca Angka, Banding Angka, Urut Angka, Berhitung, dan Hitung Benda serta dilengkapi menu Bank Operator yang memberikan penjelasan dan kegunaan dari operator matematika seperti penambahan (+), pengurangan (-), pembagian (:), dan perkalian (x). Aplikasi ini dibangun berdasarkan konsep pembelajaran khusus untuk anak diskalkulia dalam mengerjakan soal matematika.

Berdasarkan hasil uji coba aplikasi di SDN Putraco Indah Buah Batu tepatnya di kelas empat (4) maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi MATDIS (Matematika Diskalkulia) dapat membantu anak diskalkulia dalam mengerjakan latihan soal matematika karena soal yang diberikan menarik, interaktif, dan menyenangkan serta berbeda dengan konsep pembelajaran konvensional pada umumnya yaitu menggunakan smartphone.

Kata kunci: diskalkulia, kesulitan belajar, aplikasi mobile.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

MATDIS (MATEMATIKA DISKALKULIA) Aplikasi Terapi Matematika untuk Anak Diskalkulia
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Abdillah Hidayatulloh, Faisal Rifai, Mela Kania Haq
Perorangan
Bambang Pudjoatmojo, Cahyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini