RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PANEL INFORMASI BERBASIS ANDROID

MUHAMMAD FADHIL RAHADIANSYAH

Informasi Dasar

15.06.509
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Sebuah panel informasi merupakan salah satu alat bantu yang digunakan untuk memberikan informasi tentang suatu tempat, cara penggunaan sebuah alat, dan lain sebagainya. Pada gedung-gedung besar yang selalu dikunjungi orang-orang baru, panel informasi sangat membantu orang-orang ini untuk mengerti tentang gedung yang mereka kunjungi, terutama untuk masalah denah gedung. Untuk gedung Fakultas Ilmu Terapan sendiri, panel seperti ini belum sepenuhnya digunakan untuk memberikan infromasi terkait dengan denah gedung dan lainnya. Informasi tentang denah gedung hanya berupa kertas panel informasi statis yang ditempelkan di dinding lobby dan belum sepenuhnya memberikan informasi yang dibutuhkan. Informasi yang ditampilkan hanya memiliki informasi denah gedung secara dua dimensi dan bersifat tidak interaktif. Oleh karena itu, pada proyek ini akan dibuat panel informasi yang lebih interaktif dengan menggunakan teknologi Augmented Reality.

Augmented Reality ini dipasang pada perangkat android yang tersambung ke database lokal yang menampung informasi mengenai gedung yang bersangkutan. Marker yang dibutuhkan akan dicetak pada sebuah kertas berisi denah yang kemudian akan dipasang pada panel informasi. Kemudian dengan aplikasi pada Android, marker yang terpampang pada denah tadi akan di-scan menggunakan kamera pada smartphone Android yang akan men-generate objek 3D pada layar kamera secara real time.

Berdasarkan pengujian dan analisa yang sudah dilakukan, aplikasi ini dapat menampilkan model 3D yang memiliki fitur navigasi yang membantu dalam mengenal keadaan gedung menggunakan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality yang dibuat sudah membuat sebuah panel informasi lebih informatif, dengan menampilkan objek 3D dari suatu denah hanya dengan menggunakan smartphone Android. Augmented Reality dapat ditampilkan dengan baik dengan menggunakan kamera 5MP atau lebih dengan jarak optimal penggunaan panel informasi, yaitu pada kisaran 80-100cm dan delay rata-rata sebesar 0,6s.

Kata kunci: Panel Informasi, Augmented Reality, Android

Subjek

ANDROID
MULTIMEDIA

Katalog

RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK PANEL INFORMASI BERBASIS ANDROID
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FADHIL RAHADIANSYAH
Perorangan
Tri Nopiani Damayati, Yuli Sun Hariyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini