IMPLEMENTASI GNS3 CLUSTER SEBAGAI ALAT BANTU SIMULASI JARINGAN KOMPUTER (STUDI KASUS LABORATORIUM JARINGAN KOMPUTER FAKULTAS ILMU TERAPAN)

YUNI TWELEFTY

Informasi Dasar

15.06.521
004.65
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Clustering Computer adalah sekumpulan komputer yang terkoneksi seluruhnya bekerja bersama sebagai satu kesatuan sumber daya atau sistem. Yang mana ilusinya menjadi satu mesin dan setiap komputernya disebut node. Laboratorium jaringan komputer yang tidak memiliki banyak perangkat yang memadai sehingga tidak dapat mensimulasikan jaringannya. Untuk mendukung simulasi jaringan tersebut diperlukan sebuah simulator yang dapat mensimulasikan jaringan tersebut sekaligus dapat menerapkan sistem cluster. Graphical Network Simulator 3(GNS3) merupakan salah satu produk simulator jaringan open source yang akan digunakan dalam proyek akhir ini. Simulator ini akan digunakan sebagai alat pengujian laboratorium untuk menerapkan sistem cluster GNS3 pada simulasi jaringan dan dapat mensimulasikan jaringan inti dari suatu gedung atau bangunan. Metode penelitian yang diterapkan adalah System Development Life Cycle (SDLC) menggunakan model Waterfall dengan tahapan studi pustaka, perancangan sistem, implementasi dan pengujian, analisis pengujian dan penarikan kesimpulan dan penyusunan laporan. Penerapan sistem cluster dan simulasi ini nantinya dapat diaplikasikan pada sebuah gedung atau bangunan tersebut memiliki simulasi jaringan utama untuk pertukaran data yang lebih cepat, aman dan terjamin. Kata Kunci: Clustering Computing, Simulasi Jaringan.

Subjek

Network - design - & implementation
 

Katalog

IMPLEMENTASI GNS3 CLUSTER SEBAGAI ALAT BANTU SIMULASI JARINGAN KOMPUTER (STUDI KASUS LABORATORIUM JARINGAN KOMPUTER FAKULTAS ILMU TERAPAN)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUNI TWELEFTY
Perorangan
Tafta Zani, Muh. Fahru Rizal
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini