SISTEM KEAMANAN MOBIL BERBASIS GPS DAN SMS

IRFANHADY HARTANTIO HERMONO

Informasi Dasar

15.06.524
621.382
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK

      Di masa perkembangan teknologi tanpa disadari sudah hampir semua manusia membutuhkan alat kendaraan. Beberapa tahun terakhir ini aksi pencurian mobil sudah termasuk tinggi. Karena itu pemilik mobil dituntut untuk lebih berhati hati dalam memarkirkan mobilnya dan saat ditinggal oleh pemilik. Mobil sering menjadi target incaran para pencuri yang menimbulkan keresahan dan juga kerugian materi.
       Proses perancangan Sistem Keamanan di mobil ini yang akan digunakan adalah rangkaian system mikrokontroler dengan menggunakan Arduino Uno, Modul sim900 sebagai penerima SMS yang dikirimkan dari handphone user. Dipasang juga GPS sebagai pelacak atau pemberi titik koordinat untuk user.  Dan Relay sebagai output yang tersambung langsung kemesin mobil guna untuk sebagai switch on/off mesin dan mengunci pintu. Dengan didukung software dalam membuat program seperti Arduino.
       Hasil dari proyek akhir ini memantau posisi mobil dengan menggunakan GPS dan juga bisa mematikan melalui sms yang dikirimkan ke modul sim gsm. Sistem menangkap titik koordinat mobil didalam GPS setelah itu mematikan mesin. Mobil terkunci otomatis  dari dalam dan alarm berbunyi. Sistem GPS bekerja ketika sistem keamanan telah di aktifkan selama 10 menit. Relay akan menyala ketika mobil dibawa sudah dalam keadaan lock sistem pada jarak 100m dari titik koordinat awal. Lalu sistem GPS terdapat persentase error pembacaan sebesar 91,32 % dan error 9.50%.

Kata Kunci : Sistem Keamanan , GPS , SMS , Arduino Uno,Relay ?

Subjek

COMMUNICATION ENGINEERING
GPS,

Katalog

SISTEM KEAMANAN MOBIL BERBASIS GPS DAN SMS
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRFANHADY HARTANTIO HERMONO
Perorangan
Angga Rusdinar, Mohamad Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini