PERANCANGAN MEDIA INFORMASI PENTINGNYA IMUNISASI BAGI BALITA

IVAN TAUFIQ RAHMAN

Informasi Dasar

15.04.2154
776.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

 Dewasa ini tingkat kematian bayi di Jombang cukup tinggi melebihi tiga kota besar lainnya di Jawa Timur, yaitu Malang, Gresik, dan Surabaya. Tingginya tingkat kematian bayi tersebut disebabkan karena rendahnya pengetahuan masyarakat Jombang terhadap pentingnya imunisasi untuk menghindarkan balita dari berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan mereka. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merancang sebuah media informasi yang menarik mengenai pentingnya imunisasi bagi balita sejak dini.
 Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data studi pustaka yang diambil dari sumber-sumber pustaka yang berhubungan dengan imunisasi, wawancara kepada para narasumber dari Rumah Sakit Airlangga Jombang, observasi kebiasaan masyarakat Jombang dan hal-hal yang identik dengan masyarakat, serta penyebaran kuesioner. Data diolah dengan menggunakan matriks perbandingan.
 Hasil dari penelitian ini adalah tingkat keikutsertaan masyarakat pada penyuluhan menunjukkan angka yang tinggi, namun tingkat pemahaman masyarakat mengenai imunisasi dan program-program pemerintah yang berhubungan dengan kesehatan masih sangat rendah. Dengan temuan tersebut maka dibuatlah sebuah motion graphic berbasis vector yang menarik dan berisi informasi mengenai  imunisasi dasar lengkap yang mudah dipahami dan akan diputar pada saat penyuluhan di desa-desa sehingga dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai imunisasi dasar lengkap bagi balita.

Kata Kunci: Vector, motion graphic, infografik, imunisasi, imunisasi dasar lengkap.

Subjek

ANIMATION
 

Katalog

PERANCANGAN MEDIA INFORMASI PENTINGNYA IMUNISASI BAGI BALITA
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IVAN TAUFIQ RAHMAN
Perorangan
Mohamad Tohir, Donny Trihanondo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini