PERANCANGAN KEBIJAKAN PENGELOLAAN SPARE PART BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED SPARES (Studi Kasus : Base Transceiver Station (BTS)– PT Telkomsel Bandung)

ILHAM NURHADI

Informasi Dasar

15.04.2169
620.004 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telkomsel merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi. Sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, perusahaan melakukan perluasan infrastruktur yang dapat menjangkau layanan se-Indonesia. BTS merupakan komponen yang berperan penting dalam ekspansi infrastruktur layanan. Sebagai salah satu komponen penting dalam pemberian layanan terbaik dalam berkomunikasi, diperlukan perawatan khusus agar tidak mengalami kerusakan. Untuk mendukung hal tersebut, dibutuhkan suatu strategi perencanaan persediaan suku cadang yang tersedia saat komponen atau part mengalami kegagalan. Reliability Centered Spares (RCS) merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk menentukan tingkat persediaan spare part berdasarkan life-costing dan persyaratan operasional dan pemeliharaan yang mendukung persediaan. Penggunaan dari metode ini dapat menentukan part dan komponen yang harus tersedia untuk menjamin fungsi dan kinerja peralatan tersebut sesuai dengan kinerja standarnya. Metode RCS akan menunjukkan komponen dan part yang memiliki kritikalitas tertinggi dan menjadi fokus utama dalam rancangan pengelolaan spare parts. Pada hasil perhitungan RCS didapatkan 6 komponen utama yang termasuk dalam kategori kritis pada BTS. Selanjutnya dengan metode Poisson process didapat jumlah kebutuhan suku cadang untuk periode 1 tahun dan stock level berdasarkan service level didapatkan jumlahnya untuk masing-masing komponen dan part. Biaya suku cadang dengan mempertimbangkan variabel ordering cost, stockout cost, holding cost dan purchasing cost didapat totalnya adalah Rp 2,219,928,168.33.

Kata Kunci — Reliability Centered Spares, Poisson process, Service Level, BTS

Subjek

RELIABILITY ENGINEERING
 

Katalog

PERANCANGAN KEBIJAKAN PENGELOLAAN SPARE PART BASE TRANSCEIVER STATION (BTS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED SPARES (Studi Kasus : Base Transceiver Station (BTS)– PT Telkomsel Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ILHAM NURHADI
Perorangan
Rd. Rohmat Saedudin, Amelia Kurniawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini