“PENGARUH SISTEM INFORMASI AKADEMIK IGRACIAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (TINJAUAN KHUSUS PROSES REGISTRASI ONLINE MAHASISWA JURUSAN MBTI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM)”

RIZKI KHAERUR RAMDAN

Informasi Dasar

15.04.2186
153.153 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pemanfaatan Teknologi Informasi tidak hanya pada organisasi sektor bisnis, tetapi juga pada sektor publik. Salah satu instansi sektor publik yang memanfaatkan teknologi informasi adalah lembaga perguruan tinggi. Pemanfaatan teknologi informasi pada lembaga perguruan tinggi diantaranya dalah sistem informasi akademik. Sistem informasi akademik merupakan sarana-prasarana yang secara langsung atau tidak mempengaruhi proses dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kausal, yang melakukan pengujian apakah pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh pada motivas belajar mahasiswa. Dalam menentukan sampel, penulis menggunakan rumus Slovin, yang mana dari 434 mahasiwa jurusan MBTI angkatan 2012 didapatkan 208 mahasiswa yang merupakan responden penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling atau sampel acak dimana pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana, dikarenakan hanya terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Secara deskriptif, persepsi mahasiswa terhadap variabel sistem informasi tergolong cukup baik, sedangkan motivasi belajar mahasiswa jurusan MBTI angkatan 2012 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis regresi berganda meyimpulkan bahawa sistem informasi akademik berpengaruh sebesar 8,203%, sedangkan sisanya sebesar 91,797% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Kata kunci : Motivasi Belajar, Sistem Informasi Akademik

Subjek

Learning - motivation/will
INFORMATION SYSTEM

Katalog

“PENGARUH SISTEM INFORMASI AKADEMIK IGRACIAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (TINJAUAN KHUSUS PROSES REGISTRASI ONLINE MAHASISWA JURUSAN MBTI ANGKATAN 2012 FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS TELKOM)”
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI KHAERUR RAMDAN
Perorangan
M. Yahya Arwiyah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini