IDENTIFIKASI DIMENSI KREATIVITAS DALAM INOVASI (STUDI KASUS CAFE LIBRARY DI BANDUNG)

SATRIA SURYA NUGRAHA

Informasi Dasar

15.04.2272
658.406 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Suatu Negara dapat dikatakan maju apabila penduduknya memiliki minat baca yang tinggi dengan ditunjukkan dari jumlah buku yang diterbitkandan jumlah perpustakaan yang ada. Hal ini berbanding terbalik dengan data yang dikeluarkan UNESCO dan Badan Pusat Statistik Indonesia yang menunjukkan minat membaca masyarakat Indonesia yang rendah. Kehadiran café library menjadi alternative dan solusi untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Adanya café library dipengaruhi oleh kreativitas dari para entrepreneur yang melihat sebuah permasalahan menjadi peluang usaha mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi kreativitas dalam inovasi café library dan untuk mengetahui bentuk kreativitas yang dihasilkan wirausahawan dalam usaha café library di Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu entrepreneurship dan kreativitas. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menampilkan fakta-fakta sesuai yang terjadi di lapangan tanpa memanipulasi kondisi yang sebenarnya terjadi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, serta analisis terhadap dokumen-dokumen terkait sebagai data sekunder penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi cafe library yang dilakukan oleh pemilik Kineruku dan Little Wings dapat dilihat dengan pendekatan 4P Kreativitas (Person, Process, Press, Product). Pemilik Kineruku dan Little Wings dapat digolongkan kedalam pribadi yang kreatif. Pemilik Kineruku  dan Little Wings melakukan pengumpulan informasi tentang manajemen dan pengembangan bisnis yang berkaitan dengan usahanya, hanya pemilik Kineruku tidak melakukan proses inkubasi sehingga pemilik Kineruku belum dapat mengimplementasikan ide-ide yang dimilikinya untuk mengembangkan usahanya dikarenakan belum matangnya ide tersebut. Dalam melakukan inovasi pada usahanya, pemilik Kineruku dan Little Wings membutuhkan dorongan. Dorongan internal berupa keinginan mewujudkan mimpinya sedangkan dorongan eksternal berupa dukungan dari orang-orang terdekat. Produk atau jasa yang dihasilkan merupakan salah satu bentuk dari hasil kreativitas. Masing-masing memiliki keunikan dan penggabungan unsur yang berbeda disesuaikan dengan bentuk kreativitas yang dihasilkan oleh masing-masing pemilik.

Subjek

INNOVATION
 

Katalog

IDENTIFIKASI DIMENSI KREATIVITAS DALAM INOVASI (STUDI KASUS CAFE LIBRARY DI BANDUNG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SATRIA SURYA NUGRAHA
Perorangan
Ratna L. Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini