Implementasi dan Analisis Performansi OSPF pada Beberapa Layanan

Lailatul Mubarok

Informasi Dasar

114070099
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Routing protocol sangat penting digunakan dalam jaringan komunikasi modern. Routing protocol digunakan untuk menentukan jalur terpendek ke tujuan. Salah satu mekanisme routing adalah dynamic routing dimana terdapat berbagai macam routing protocol, salah satunya adalah OSPF (Open Shortest Path First).

OSPF adalah sebuah routing protocol standar terbuka yang telah diimplementasikan oleh sejumlah besar vendor jaringan. OSPF bekerja dengan sebuah algoritma Djikstra. Untuk mengetahui lebih jelas tentang performansi OSPF, maka diperlukan analisis terhadap parameter dari routing protocol tersebut.

Pada tugas akhir ini dirancang sebuah topologi jaringan. Desain topologi jaringan tersebut diimplementasikan menggunakan router Cisco. Kemudian router dikonfigurasi berdasarkan konfigurasi OSPF untuk penelitian performansi OSPF, lalu diterapkan pada beberapa layanan menggunakan skenario yang telah ditentukan. Proses routing dilakukan beberapa kali terhadap parameter dari routing protocol OSPF. Parameter yang dianalisis yaitu bandwidth dan link failure.

Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis terhadap parameter dari OSPF yaitu bandwidth serta parameter input yaitu link failure. Sehingga dari hasil analisis tersebut, dapat diketahui performansi routing protocol OSPF.

Subjek

System - analis
System - analis, Skripsi, REFERENCE,

Katalog

Implementasi dan Analisis Performansi OSPF pada Beberapa Layanan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lailatul Mubarok
Perorangan
R. Rumani M, Ir, Drs, MSEE. ; Agus Virgono, Ir, MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini