PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan dan Non-Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2015)

ELA RENI KURNIATI

Informasi Dasar

17.04.024
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

 Peringkat obligasi merupakan salah satu  indikator  penting dari obligasi suatu perusahaan, karena melalui peringkat yang diberikan dapat digunakan untuk menilai resiko yang mungkin terjadi di masa mendatang. Lembaga pemeringkat mengacu pada PT Pefindo karena perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia lebih banyak menggunakan jasa PEFINDO dalam proses pemeringkatannya. 

Dalam penelitian ini, peringkat obligasi diukur menggunakan debt to equity ratio, net profit margin, dan pertumbuhan perusahaan. Maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh debt to equity ratio, net profit margin, dan pertumbuhan perusahaan terhadap peringkat obligasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non-keuangan dan non-perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2015. Sampel yang digunakan sebanyak 14 perusahaan. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan signifikansi 0,05 (5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio, net profit margin, dan pertumbuhan perusahaan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap return saham. Debt to equity secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi. Net profit margin dan pertumbuhan perusahaan secara parsial tidak mempunyai pengaruh signifikan dan memiliki arah negatif terhadap peringkat obligasi.

Kata kunci : peringkat obligasi, DER, NPM, pertumbuhan perusahaan

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, NET PROFIT MARGIN, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (Studi pada Perusahaan Non-Keuangan dan Non-Perbankan yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELA RENI KURNIATI
Perorangan
FARIDA TITIK KRISTANTI, DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini