Penjadwalan Sidang Tugas Akhir Prodi Ilmu Komputasi Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dan Algoritma Genetika (AG)

AKBAR AMIR

Informasi Dasar

17.04.061
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, sistem yang digunakan dalam penjadwalan sidang tugas akhir prodi Ilmu Komputasi Universitas Telkom masih belum optimal, antara lain pemilihan dosen penguji, serta penyesuaian ruang sidang yang masih dilakukan secara manual. Penelitian tugas akhir ini memberikan alternatif bagi koordinator tugas akhir agar jadwal sidang yang dibuat lebih cepat dan efisien dengan mengetahui keakuratan hasil penjadwalan sidang tugas akhir. Pada penelitian ini, metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dan Algoritma Genetika (AG) diimplementasikan dalam menentukan dosen penguji, ruang sidang, dan jadwal sidang yang sesuai untuk suatu tugas akhir. JST digunakan untuk menentukan calon dosen penguji yang sesuai dengan kategori tugas akhir mahasiswa dan kelompok keahlian serta AG digunakan untuk menentukan jadwal sidang. Jadwal yang optimal pada penelitian ini dihasilkan menggunakan hidden layer 20 pada JST dan sebanyak 5 generasi serta 192 jumlah individu pada AG dengan nilai error JST (RMSE) sebesar 1,433% dan nilai fitness pada AG sebesar 0,92708.

Kata kunci : Penjadwalan, Jaringan Syaraf Tiruan, Algoritma Genetika.

Subjek

ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 

Katalog

Penjadwalan Sidang Tugas Akhir Prodi Ilmu Komputasi Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dan Algoritma Genetika (AG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AKBAR AMIR
Perorangan
FHIRA NHITA, ANNISA ADITSANIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini