Prediksi Penyakit Menggunakan Evolutionary Data Mining Untuk Data Penyakit Berdimensi Tinggi

RULLI YANTO YAHYA

Informasi Dasar

17.04.062
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data mining adalah sebuah metode yang digunakan untuk memproses data dengan tujuan mendapatkan informasi yang terkandung didalam sebuah data. Didalam data mining memiliki banyak tantangan. Contoh tantangan pada data mining terdapat data berdimensi tinggi yang artinya data memiliki puluhan bahkan ribuan atribut. Dari atribut yang sangat banyak ini menimbulkan permasalahan yang sangat kompleks untuk pengolahan sebuah data.
Salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah data berdimensi tinggi dengan penggabungan Data Mining dengan Evolutionary Algorithm Atau yang sering disebut dengan Evolutionary Data Mining (EvoDM). Metode data mining yang digunakan adalah K-means sedangkan pada evolutionary algorithm adalah momentum-type particle swarm optimization. Sehingga didapat algoritma hybrid momentum of type particle swarm optimization dengan k-means (MPSO-KM). Algoritma hybrid digunakan untuk menentukan bobot atribut yang optimal dan pusat cluster dari setiap atribut.
Pada tugas akhir ini dibangun sebuah sistem untuk memprediksi penyakit dengan data berupa data berdimensi tinggi. Data yang digunakan diambil dari Kent Ridge Biomedical Data Set Repository berupa data penyakit Leukimia dan Colon Tumor. Tingkat akurasi dari prediksi terbaik yang didapat dengan data Leukemia sebesar 90.91% sedangkan pada data Colon Tumor sebesar 84.21%. Kata Kunci: data mining, k-means, momentum-type particle swarm optimization, Evolutionary data mining.

Subjek

ALGORITHM ANALYSIS
 

Katalog

Prediksi Penyakit Menggunakan Evolutionary Data Mining Untuk Data Penyakit Berdimensi Tinggi
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RULLI YANTO YAHYA
Perorangan
FHIRA NHITA, DANANG TRIANTORO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini