PROTOTYPE APLIKASI SMART PARKING DAN MONITORING SYSTEM MENGGUNAKAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL

NICO ANDRIA PRATAMA

Informasi Dasar

17.04.218
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Memiliki kendaraan bermotor pada saat ini merupakan suatu keharusan untuk setiap orang, salah satunya adalah mobil. Bahkan, dalam satu keluarga bisa sampai mempunyai lebih dari satu mobil. Hal inilah yang membuat susahnya mencari tempat parkir untuk mobil di tempat umum, salah satunya adalah pusat perbelanjaan dengan parkir indoor. Sistem parkir di tempat umum saat ini kurang efisien, apabila seseorang ingin mencari tempat parkir saat keadaan ramai memerlukan waktu yang cukup lama yang menyebabkan terbuangnya waktu, tenaga, dan bahan bakar. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi Smart Parking dan Monitoring System yang akan memudahkan pengemudi untuk menemukan tempat untuk memarkirkan mobil.

Pada Tugas Akhir ini dibuat suatu prototype aplikasi smart parking dan monitoring system yang dapat memantau keadaan lokasi parkir di suatu tempat menggunakan teknologi Wireless Sensor Network. Prototype aplikasi smart parking dan monitoring system ini menggunakan sensor ultrasonik HC-SR04 untuk mendeteksi apakah pada sebuah blok parkir sudah ada mobil yang terparkir atau belum, lalu data yang diperoleh sensor akan diproses oleh mikrokontroller Arduino Uno. Kemudian data sensor akan dikirimkan ke Xbee coordinator yang kemudian ditampilkan di Personal Computer (PC) dalam bentuk Guide User Interface (GUI) agar lebih mudah untuk monitoring dan dapat disimpan ke dalam database. Lalu sistem akan menunjukkan lokasi parkir terdekat kepada pengemudi yang akan ditunjukkan di layar monitor.

Berdasarkan hasil pengujian pada Tugas Akhir, didapatkan rata-rata error pengukuran sensor sebesar 5.43 %, pengujian jarak maksimal Xbee dapat menerima data mencapai 32 meter untuk indoor yang dilakukan di dalam Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Telkom dengan kondisi LOS, dan 90 meter untuk outdoor yang dilakukan di lapangan GSG Universitas Telkom dengan kondisi LOS.

Subjek

SENSOR NETWORKS-INDUSTRIAL APPLICATIONS
 

Katalog

PROTOTYPE APLIKASI SMART PARKING DAN MONITORING SYSTEM MENGGUNAKAN JARINGAN SENSOR NIRKABEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NICO ANDRIA PRATAMA
Perorangan
RATNA MAYASARI, FAVIAN DEWANTA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • SK2023 - MIKROPROSESOR DAN ANTARMUKA
  • TTH2D3 - MIKROPROSESOR
  • TTH4F3 - JARINGAN NIRKABEL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  bagus 29 April, 2021
107637
hjjkljfuuiijjj
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini