PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

ANIELA NURMINDA

Informasi Dasar

17.04.305
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laporan keuangan merupakan suatu penyajian terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu perusahaan. Beberapa informasi yang terdapat dalam laporan keuangan antara lain informasi mengenai laba, hutang, aset dan modal. Informasi mengenai laporan keuangan didapat dari pasar modal yang berada di Indonesia biasa disebut Bursa Efek Indonesia (BEI). Ada tiga sektor perusahaan yang terdaftar di BEI yaitu sektor utama, sektor manufaktur, dan sektor jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas dengan proksi Return On Equity (ROE), Leverage dengan proksi Debt to Equity Ratio (DER), dan Ukuran Perusahaan dengan proksi Logaritma Natural Aset terhadap Nilai Perusahaan dengan proksi Price to Book Value (PBV), secara simultan dan parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2012-2015. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 20 perusahaan sub sektor barang dan konsumsi dengan periode penelitian selama empat tahun sehingga didapat 80 unit sampel dalam penelitian ini. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan secara parsial, Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, Leverage, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Berdasarkan hasil penelitian ini variabel Profitabilitas dengan proksi ROE berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, yang berarti kenaikan nilai ROE pada perusahaan manufaktur sub sektor barang dan konsumsi cenderung dapat meningkatkan pula nilai perusahaannya. Meningkatnya nilai ROE ini memberikan dampak yang positif untuk menjadikan nilai perusahaan semakin baik.

Kata Kunci : Profitabilitas (ROE), Leverage (DER), Ukuran Perusahaan (Ln.Aset), Nilai Perusahaaan (PBV).

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANIELA NURMINDA
Perorangan
Deannes Isynurwardhana, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini