PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA (Studi pada Mahasiswa Program Studi Majanemen Bisnis Telekomunikasidan Informatika Universitas Telkom Tahun 2017)

AULIA RAMADHAN HARAHAP

Informasi Dasar

17.04.324
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan ekonomi sebesar terbukti telah mengurangi angka pengangguran di Indonesia, tetapi tingkat pengangguran untuk lulusan universitas justru meningkat. Hal ini disebabkan lulusan universitas belum memiliki minat untuk berwirausaha. Tipe kepribadian merupakan salah satu faktor penentu minat berwirausaha seseorang. Selain itu, universitas juga memiliki peranan penting dalam menciptakan wirausahawan terdidik. Objek yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi MBTI Universitas Telkom angkatan 2014 yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tipe kepribadian yang dimiliki mahasiswa MBTI angkatan 2014 Universitas Telkom, (2) mengetahui minat berwirausaha mahasiswa MBTI angkatan 2014 Universitas Telkom, dan (3) mencari tahu seberapa besar pengaruh antara tipe kepribadian terhadap intensi berwirausaha. Tipe kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah big five personality.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 215 responden yang merupakan mahasiswa aktif MBTI angkatan 2014 yang telah mengambil mata kuliah kewirausahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara online dan offline.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tipe kepribadian dan intensi berwirausaha secara simultan. Sub variabel conscientiousness, yang merupakan dimensi dengan sifat kedisiplinan, secara terpisah memiliki pengaruh paling besar dengan nilai koefisien 0,644. Empat dari lima dimensi kepribadian big five memiliki nilai koefisien positif, kecuali dimensi neuroticism yang memiliki nilai negatif sebesar -0,213. Hal ini dapat terjadi karna sifat dasar dimensi neuroticism menggambarkan ketidakstabilan dalam mengontrol emosi pada individunya.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah tipe kepribadian dapat mempengaruhi intensi berwirausaha sebesar 37,1%. Selain itu, saran juga diberikan kepada para mahasiswa dan dosen untuk lebih mengetahui tipe kepribadian apa yang paling cocok untuk menjadi seorang wirausaha. Penelitian selanjutnya dengan variabel dan objek berbeda sangat diharapkan untuk menemukan variabel lain yang dapat mempengaruhi intensi berwirausaha, terutama pada mahasiswa.

Kata Kunci : Tipe kepribadian big five, kewirausahaan, minat berwirausaha, psikologi kewirausahaan

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA (Studi pada Mahasiswa Program Studi Majanemen Bisnis Telekomunikasidan Informatika Universitas Telkom Tahun 2017)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA RAMADHAN HARAHAP
Perorangan
SISCA EKA FITRIA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini