PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DAN NON PERBANKAN YANG DIPERINGKAT OLEH PT. PEFINDO TAHUN 2011 – 2015)

PUTRI KINANTI AZANI

Informasi Dasar

17.04.349
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peringkat obligasi merupakan skala resiko yang dapat menggambarkan kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban membayar bunga ataupun pelunasan pokok pinjaman. Semakin tinggi peringkat obligasi maka perusahaan dinilai mampu untuk memenuhi kewajibannya secara tepat waktu, begitu juga sebaliknya semakin rendah peringkat obligasi suatu perusahaan maka semakin tinggi resiko gagal bayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat obigasi. Variabel yang diteliti adalah likuiditas (current ratio), leverage (debt to equity ratio) dan pertumbuhan perusahaan (sales growth). Penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Objek penelitian yang digunakan adalah obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan non keuangan dan non perbankan yang diperingkat oleh PT. PEFINDO tahun 2011-2015. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 105 obligasi yang diterbitkan oleh 7 perusahaan selama 5 tahun. Model analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi logistik dengan menggunakan sofware SPSS 21. Dari penelitian ini didapatkan hasil kombinasi antara variabel independen yaitu likuiditas, leverage dan pertumbuhan perusahaan mampu menjelaskan variasi dari variabel dependen yaitu peringkat obligasi sebesar 61,3% dan sisanya 38,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lain diluar variabel-variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel independen yaitu likuiditas, leverage dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu peringkat obligasi. Dari hasil pengujian secara parsial didapatkan hasil yang menunjukan bahwa varabel likuiditas dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi sedangkan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap peringkat obligasi.

Kata Kunci: Peringkat obligasi, likuiditas, leverage dan pertumbuhan perusahaan.

Subjek

BONDS
 

Katalog

PENGARUH LIKUIDITAS, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP PERINGKAT OBLIGASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN NON KEUANGAN DAN NON PERBANKAN YANG DIPERINGKAT OLEH PT. PEFINDO TAHUN 2011 – 2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI KINANTI AZANI
Perorangan
KHAIRUNNISA, VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini