ANALISIS ISI SURAT PEMBACA YANG DITUJUKAN KEPADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG (STUDI ANALISIS ISI PADA SURAT KABAR PIKIRAN RAKYAT PERIODE JANUARI 2013 - JUNI 2013)

FARIZKY FERBIANSYAH

Informasi Dasar

17.04.551
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media massa adalah salah satu aspek komunikasi yang penting, terutama pada masa sekarang ini.Melalui media massa, masyarakat dapat berkontribusi memberikan informasi penting mengenai fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. Ini sejalan dengan fungsi korelasi yang diemban media massa yakni sebagai penghubung.Seringkali berbagai kendala yang dihadapi masyarakat kota Bandung, seperti kemacetan, jalan rusak, ataupun pelayanan dari lembaga pemerintahan, memicu masyarakat kota Bandung untuk melakukan pengaduan terhadap lembaga pemerintahan terkait melalui rubrik surat pembaca pada surat kabar.

Rubrik surat pembaca memiliki kekuatan tersendiri dalam membentuk opini khalayak. Karena mampu mempengaruhi opini khalayak, banyak pembaca yang memanfaatkan surat pembaca untuk menyampaikan keluhan atau protes dan ketidakpuasan ataupun informasi lain yang biasanya berupa unek-unek dari jeleknya pelayanan suatu lembaga. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini dibuat untuk mengetahui isi opini dan arah opini publik yang dominan pada rubrik surat pembaca di surat kabar Pikiran Rakyat yang ditujukan kepada pemerintah kota Bandung. Kategori isi opini publik terdiri dari kritik, pujian, harapan, kombinasi kritik dan pujian, kombinasi pujian dan harapan, kombinasi kritik dan harapan, dan kombinasi ketiga kategori. Sedangkan kategori arah opini publik terdiri dari favourable, netral, dan unfavourable.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar coding yang dibuat berdasarkan kategori yang akan diteliti dan akan dinilai oleh penulis dan rekan penulis yang dipandang kredibel. Pembahasan dalam penelitian ini adalah menghitung hasil penilaian dari kedua coder sesuai dengan jumlah frekuensi kemunculan yang disebut koefisien reliabilitas dan kemudian akan ditampilkan hasil dalam bentuk persentase melalui tabel frekuensi untuk mengetahui isi dan arah opini publik mana yang dominan. Hasil menunjukan bahwa isi opini publik yang dominan pada rubrik surat pembaca di surat kabar Pikiran Rakyat yaitu kombinasi kritik dan harapan sebanyak 36% dan arah opini yang dominan yaitu unfavourable sebanyak 51.73%.

Subjek

Journalistics
 

Katalog

ANALISIS ISI SURAT PEMBACA YANG DITUJUKAN KEPADA PEMERINTAH KOTA BANDUNG (STUDI ANALISIS ISI PADA SURAT KABAR PIKIRAN RAKYAT PERIODE JANUARI 2013 - JUNI 2013)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARIZKY FERBIANSYAH
Perorangan
RAH UTAMI NUGRAHANI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini