PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE HOME(FTTH) MENGGUNAKAN GIGABITE PASSIVE OPTICAL NETWORK(GPON) DI PERUMAHAN CLUSTER COURTYARD KARAWANG

ANESTA BARUS

Informasi Dasar

17.06.113
620.007
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

ABSTRAK Perumahan yang terletak di daerah Sukaharja, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang merupakan daerah kediaman menengah ke atas, tapi jaringan akses internet yang tidak tersedia, itu dianggap sangat tidak memadai perumahan dinilai menengah keatas.Pihak perumahan dan PT Telkom Indonesia bekerja sama untuk menghubungkan ke internet di perumahan.

Pada proyek akhir ini peneliti akan merancang jaringan akses Fiber To The Home (FTTH) pada Teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON). Lokasi yang dijadikan studi kasus adalah Perumahan Cluster Courtyard.Pada proyek akhir ini dimulai dengan pengumpulan data-data. Perancangan jaringan Fiber To The Home (FTTH) yaitu dengan penentuan perangkat berupa spesifikasi perangkat, tata letak dan jumlah perangkat yang digunakan dan disimulasikan menggunakan optysistem .Kemudian dianalisis berdasarkan parameter yang telah ditetapkan berupa, BER (Bit Error Rate), Link Power Budget dan Rise Time Budget yang memenuhi pada jaringan optik dengan standar PT. Telkom.

Dari hasil perancangan menunjukan bahwa perancangan untuk perumahan Cluster Courtyardmenggunakan 1 ODC ,30 buah ODP, dan 221 buah ONT dengan menggunakan splitter 1:4 dan splitter 1: 8.Jaringan GPON yang dirancang memiliki kecepatan transmisi 1,2 Gbps untuk upstream dan 1,2 Gbps untuk downstream.Anilisis performansi jaringan downlink pada panjang 1310 nm nilai power link budget sebesar -22,038 dB menunjukan,Rise time budget nya sebesar 0,07696 ns dan pada panjang gelombang 1490 nm nilai power link budget sebesar – 7,334 dan rise time budget sebesar 0,0341 ns.

Kata kunci : FTTH,GPON dan TRIPLE PLAY

Subjek

Fiber optics
 

Katalog

PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE HOME(FTTH) MENGGUNAKAN GIGABITE PASSIVE OPTICAL NETWORK(GPON) DI PERUMAHAN CLUSTER COURTYARD KARAWANG
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANESTA BARUS
Perorangan
HAFIDUDIN, TRI NOPIANI DAMAYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini