SASI : SAHABAT SEKOLAH INDONESIA UNTUK PENDIDIKAN LUAR BIASA

Gita Adi Ramdhani

Informasi Dasar

613110026
005.1
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Kondisi Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Inklusi di beberapa daerah masih jauh dari standar kelayakan untuk melaksanakan pendidikan luar biasa. Di samping itu kondisi siswa lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka.
Sedangkan dari pihak industri belum sepenuhnya yakin terhadap kompetensi siswa lulusan PLB, hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi kurikulum Pendidikan Luar Biasa (PLB) dari Dinas Pendidikan Nasional. Sehingga kondisi ini membuat siswa lulusan PLB belum sepenuhnya percaya oleh pihakindustri untuk diajak bekerja sama.
Proyek Akhir ini berjudul “Sahabat Sekolah Indonesia” memiliki kemampuan untuk menjembatani informasi yang dimiliki Sekolah PLB dengan industri. Harapan dari kesatuan informasi dan kesepahaman sudut pandang antara Industri dengan Sekolah PLB dapat meningkatkan lapangan kerja bagi siswa Lulusan PLB, sehingga nantinya siswa lulsan PLB mendapatkan pekerjaan yang layak dan mampu meningkatkan taraf hidup mereka secara layak dan mandiri.
Agar dapat memberikan informasi Pendidikan Luar Biasa secara luas dan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun, maka Proyek Akhir ini dibuat berbasis website, yang dihosting di internet. Dengan begitu informasi yang ditampilkan merupakan informasi yanguptodate.
Aplikasi Proyek Akhir ini dibuat dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas hidup lulusan PLB pada khususnya dan meningkatkan mutu pendidikan PLB pada umumnya. Agar dapat tercapai kedua tujuan tersebut, maka pada aplikasi ini juga dibuat beberapa funsgionalitas pendukung, diantaranya fungsionalitas untuk Dinas Pendidikan Provinsi sebagai Pembina SLB dan Sekolah Inklusi di provinsi masing-masing. Keterlibatan Dinas Pendidikan sangatlah penting, karena dengan dinas dapat mengetahui kondisi Sekolah PLB dan mengetahui respon Industri terhadapa lulusan PLB, diharapkan keputusan yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Provinsi untuk Pendidikan Luar Biasa di provinsi mereka akan menyesuaikan dengan kondisi Industri di provinsi tersebut. Sehingga akan terbentuk suatu sistem pendidikan yang nyata dan bermanfaat bagi lulusan PLB.
PLB, sosialisasi, website, Dinas Pendidikan Provinsi, industri, pekerjaan, kelayakan

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

SASI : SAHABAT SEKOLAH INDONESIA UNTUK PENDIDIKAN LUAR BIASA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Gita Adi Ramdhani
Perorangan
Retrno Novi Dayawati, S.Si., MT ; Erda Guslinar Perdana, ST, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini