PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

ELSYA MANORA MANURUNG

Informasi Dasar

17.04.587
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Manajemen laba dapat didefenisikan sebagai intervensi manajemen dengan sengaja dalam menentukan laba dalam proses penyusunan pelaporan keuangan, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Adanya kasus manajemen laba tidak hanya membuat perusahaan yang bersangkutan mengalami kebangkrutan namun juga mengakibatkan pelakunya dihukum sebagai pelaku kejahatan ekonomi. Adanya indikasi terjadinya manajemen laba berdasarkan pemberitaan media bahwa kapasitas laporan keuangan dalam melaporkan informasi keuangan kepada berbagai pihak menjadi kurang relevan. Dalam penelitian ini variabel independennya adalah kepemilikan manajerial, Leverage dan Profitabilitas. Variabel dependennya adalah Manajemen Laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemilikan manajerial, Leverage dan Profitabilitas terhadap manajemen laba. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif dan penelitian verifikatif (kausal). Populasi penelitian ini adalah perusahaan sector pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2015 yang terdiri dari 24 perusahaan pertambangan, dan data yang diproses 72 data. Data yang diolah adalah data sekunder, metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan variabel kepemilikan manajerial, leverage dan profitabilitas memiliki pengaruh secara simultan terhadap manjamen laba. Secara parsial, variabel kepemilikan manajerial dan leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan variabel leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk memperpanjang periode pengamatan dan menambah variabel independen lain yang sekiranya berhubungan dengan manajemen laba sehingga dapat lebih representative untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi manajemen laba sehingga dapat memperluas penelitian serta menghasilkan analisis yang baik. Kata kunci : Kepemilikan Manajerial, Leverage, Profitabilitas, dan Manajemen Laba

Subjek

ACCOUNTING-RESEARCH
 

Katalog

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELSYA MANORA MANURUNG
Perorangan
DEANNES ISYNUWARDHANA, VAYA JULIANA DILLAK
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini