PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), PEMBIAYAAN JUAL BELI (PJB), NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2011-2015)

DINNA MIFTAKHUL JANNAH

Informasi Dasar

17.04.590
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor industri yang memiliki potensi untuk bersaing menghadapi MEA adalah perbankan syariah . Perbankan syariah memiliki potensi pertumbuhan yang besar terutama di negara dengan penduduk muslim terbesar sehingga sudah selayaknya menjadi pelopor pengembangan industri dan keuangan syariah. Oleh karena itu perlunya ditingkatkan kinerja bank syariah agar sesuai dengan prinsip syariah. Kinerja bank syariah dinilai dengan rasio profitabilitas yang diproksikan dengan return on asset. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Pembiayaan Jual Beli (PJB), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah Indonesia periode 2011-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan publikasi triwulanan Bank Umum Syariah periode 2011-2015. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh sepuluh Bank Umum Syariah dengan periode penelitian pada tahun 2011-2015. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CAR berpengaruh terhadap ROA sebesar 4,30%. Pembiayaan jual beli berpengaruh terhadap ROA sebesar 0,43%. Non performing financing berpengaruh terhadap ROA sebesar -26,22% dan financing to deposit ratio berpengaruh terhadap ROA sebesar -2,42%. Berdasarkan hasil penelitian, secara simultan Capital Adequacy Ratio, Pembiayaan Jual Beli, Non Performing Financing, dan Financing to Deposit Ratio berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara parsial, Capital Adequacy Ratio dan Pembiayaan Jual Beli berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas, Non Performing Financing dan Financing to Deposit Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Kata Kunci : Capital Adequacy Ratio (CAR), Pembiayaan Jual Beli (PJB), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Return on Asset (ROA)

Subjek

Syariah - bank
 

Katalog

PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), PEMBIAYAAN JUAL BELI (PJB), NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP PROFITABILITAS BANK SYARIAH (STUDI EMPIRIS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2011-2015)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINNA MIFTAKHUL JANNAH
Perorangan
DEANNES ISYNUWARDHANA, WIWIN AMINAH
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini