PENGARUH KOMPETENSI DAN SOFTSKILL TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI TELKOM UNIVERSITY DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC)

MUHAMMAD TAUFIQUL RACHMAN

Informasi Dasar

17.04.605
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Asean Economic Community (AEC) sudah resmi berlaku sejak 31 Desember 2015. AEC sendiri merupakan sebuah gerakan yang dimotori oleh negara-negara ASEAN yang bertujuan untuk menghilangkan secara signifikan hambatan-hambatan kegiatan ekonomi lintas kawasan tersebut, dan ingin diimplementasikan melalui 4 pilar utama, yaitu international single market and production base, competitive economic region, equitable economic development, integration into the global economic. Akuntan menjadi salah satu dari delapan yang terdapak dari AEC selain insinyur, tenaga pariwisata, dokter gigi, arsitek, praktisi medis, tenaga survei, dan perawat. Hal ini membawa konsekuensi bagi akuntan di Indonesia yang harus bersaing dengan akuntan-akuntan dari negara lain.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kompetensi etika, kompetensi pengetahuan, kompetensi kemampuan, kompetensi hubungan, kompetensi etika, softskill yang terdiri dari kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal dan kesiapan mahasiswa program S1 Akuntansi Telkom University dalam menghadapi AEC serta mengetahui pengaruh kompetensi etika, kompetensi pengetahuan, kompetensi kemampuan, kompetensi hubungan, kompetensi etika, softskill yang terdiri dari kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal terhadap kesiapan mahasiswa program S1 Akuntansi Telkom University dalam menghadapi AEC.

Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan Analisis Regresi Linier Berganda sebanyak 205 orang sebagai populasi. Dengan menggunakan Slovin Sampling diperoleh minimum sampel 136 responden mahasiswa program S1 Akuntansi Telkom University.

Hasil Penelitian menunjukan bahwa secara simultan Kompetensi Etika, Kompetensi Pengetahuan, Kompetensi Kemampuan, Kompetensi Hubungan, Kompetensi Analisis, Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Intrapersonal berpengaruh signifikan terhadap Kesiapan Mahasiswa Program S1 Akuntansi Telkom University dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC). Hasil penelitian menunjukan bahwa Kompetensi Etika, Kompetensi Pengetahuan, Kompetensi Kemampuan, Kecerdasan Intrapersonal secara parsial berpengaruh signifikan dengan arah positif sedangkan Kompetensi Hubungan, Kompetensi Analisis, dan Kecerdasan Interpersonal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kesiapan Mahasiswa Program S1 Akuntansi Telkom University dalam menghadapi ASEAN Economic Community (AEC).

Penelitian ini memiliki implikasi yang kuat bagi program S1 Akuntansi. Hal ini dapat membantu program S1 Akuntansi dalam melakukan pengembangan terkait kesiapan mahasiswa program S1 Akuntansi dalam menghadapi pasar bebas AEC.

Kata Kunci: ASEAN Economic Community (AEC), Kompetensi, Softskill, Kesiapan mahasiswa program S1 Akuntansi Telkom University.

Subjek

ACCOUNTING EDUCATION
 

Katalog

PENGARUH KOMPETENSI DAN SOFTSKILL TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI TELKOM UNIVERSITY DALAM MENGHADAPI ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD TAUFIQUL RACHMAN
Perorangan
SRI RAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini