PERAN MODAL SOSIAL SEBAGAI MEDIATOR LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN PADA KAUM MUDA DI INDONESIA (studi kasus pada komunitas Investor Saham Pemula)

RACHMAT SIMBARA SAPUTRA

Informasi Dasar

17.04.623
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini tingkat literasi keuangan dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, dianggap masih sangat rendah. Oleh sebab itu, peran modal sosial dalam meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan di masyarakat perlu perhatian khusus. Modal sosial diharapkan menjadi mediator dalam meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran modal sosial sebagai mediator hubungan antara literasi keuangan dan inklusi keuangan. Selain itu, penelitian ini juga meneliti efek langsung dari literasi keuangan pada inklusi keuangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh anggota komunitas investor saham pemula sejumlah 320 anggota. Pengambilan sample dari penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 180 sampel. Penelitian ini mengadopsi dan menggunakan Sobel dan Kenny dan Baron tes untuk menguji pengaruh mediasi modal sosial dalam hubungan antara literasi keuangan dan inklusi keuangan. Temuan dalam penelitian ini adalah modal sosial terbukti secara parsial memediasi hubungan antara literasi keuangan dan inklusi keuangan.

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Modal Sosial, Dampak Mediasi, Kaum Muda Indonesia.

Subjek

Financial planning-personal
 

Katalog

PERAN MODAL SOSIAL SEBAGAI MEDIATOR LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN PADA KAUM MUDA DI INDONESIA (studi kasus pada komunitas Investor Saham Pemula)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RACHMAT SIMBARA SAPUTRA
Perorangan
ANDRIETA SHINTIA DEWI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini