PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP ABNORMAL RETURN (Studi Kasus Kategori Blue-Chips Stock Periode 2016)

MUHAMAD DIAZ APRIANDA

Informasi Dasar

17.04.667
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Investasi merupakan aspek yang mulai diperhatikan saat ini. Setiap investor memiliki ekspektasi dan motivasi untuk mendapatkan return yang sesuai dari risiko yang diambil dalam pasar modal. Salah satu instrument investasi yang dicermati dalam pasar modal adalah saham. Return yang diharapkan oleh investor dalam investasi saham yaitu capital gain dan dividen. Dividen lebih dimintai oleh investor karena pergerakan harga saham dalam pasar tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan, sedangkan pembagian divden dapat diatur sesuai dengan kebijakan saat RUPS. Informasi pengumuman dividen memberikan gambaran mengenai laba perusahaan yang didapatkan kemudian dibagikan kepada investor. Keterbukaan informasi ini memungkinkan peningkatan harga saham sehingga menimbulkan abnormal return. Abnormal return merupakan variabel yang digunakan untuk menguji kandungan informasi dari suatu peristiwa sehingga reaksi pasar dapat diketahui.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui abnormal return yang signifikan sebagai akibat pengumuman dividen dan mengetahui perbedaan yang signifikan pada average abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman dividen.

Metode penelitian yang digunakan adalah event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap abnormal return selama 31 hari disekitar pengumuman dividen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dimana data yang digunakan adalah harga penutupan (close price) dari setiap emiten yang dijadikan sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 perusahaan yang termasuk kedalam kategori blue-chips stock periode 2016. Model yang digunakan untuk mengukur expected return pada abnormal return adalah market model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat abnormal return yang signifikan sebagai akibat pengumuman dividen pada kategori blue-chips stock periode 2016. Nilai abnormal return yang dihasilkan disekitar pengumuman dividen adalah negatif. Hal ini menunjukan bahwa terdapat abnormal return pada peristiwa tersebut tetapi investor tidak bereaksi atas pengumuman dividen karena dapat merugikan investor.

Kata Kunci: Pengumuman Dividen; Abnormal Return; Blue-Chips Stock; Event Study; Market Model

Subjek

INVESTMENT
 

Katalog

PENGARUH PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP ABNORMAL RETURN (Studi Kasus Kategori Blue-Chips Stock Periode 2016)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMAD DIAZ APRIANDA
Perorangan
TIEKA TRIKARTIKA GUSTYANA, MUHAMMAD AZHARI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini