PENGARUH SOCIAL NEED, SOCIAL INFLUENCE, DAN CONVENIENCE TERHADAP DEPENDENCY ON SMARTPHONE DAN DAMPAKNYA PADA PURCHASE BEHAVIOR SMARTPHONE 4G DI INDONESIA

KARTIKA SENJA WIDYAWATI

Informasi Dasar

17.05.037
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Perkembangan dunia telekomunikasi mengalami perubahan yang sangat signifikan, mulai dari jaringan 1G (First Generation), 2G (Second Generation), 3G (Third Generation), hingga teknologi 4G (Fourth Generation). Teknologi 4G memiliki nilai dan keuntungan yang lebih baik dari layanan generasi sebelumnya. Mulai dari segi kecepatan jaringan hingga kestabilan akses data. Bahkan smartphone 4G menawarkan beragam fitur yang dapat memudahkan aktivitas penggunanya. Namun, faktor penentu perilaku pembelian smartphone 4G masih terus berkembang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui social need, social influence, dan convenience dan dampaknya terhadap faktor penentu perilaku pembelian yaitu dependency on smartphone dan purchase behavior.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan kepada pengguna smartphone 4G di Indonesia yang telah menggunakan smartphone 4G dengan jangka waktu minimal dua bulan. Pendistribusian kuesioner dilakukan menggunakan cara online dan offline. Adapun responden dalam penelitian ini dipilih berdasarkan non probability purposive sampling yang berjumlah 441 responden. Metode yang digunakan adalah metode Structural Equation Model (SEM), dengan menggunakan software Amos 20. Analisis SEM-Amos digunakan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian smartphone 4G yang digambarkan oleh faktor dependency on smartphone.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap social need, social influence, convenience, dan dependency berada dalam kategori baik, artinya pengguna smartphone 4G memiliki persepsi yang baik terhadap faktor perilaku pembelian smartphone. Secara keseluruhan variabel social need, social influence, dan convenience berpengaruh signifikan terhadap dependency dengan indikator yang menunjukkan nilai hubungan yang paling besar adalah social influence. Sementara dependency berpengaruh positif signifikan terhadap purchase behavior smartphone 4G. Selain itu social need, social influence, dan convenience berpengaruh positif signifikan terhadap dependency dan berdampak positif dan signifikan terhadap purchase behavior.

Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan social influence, produsen smartphone sebaiknya mengutamakan faktor keluarga yaitu melakukan strategi promosi dengan mengkomunikasikan produk secara benar dan tepat sasaran, misalnya melakukan word of mouth, dikarenakan faktor social influence paling berpengaruh dalam penelitian ini. Adapun strategi yang dapat dilakukan adalah mengadakan undian berhadiah smartphone 4G ataupun memberikan membership tertentu yang disesuaikan dengan minat konsumen yang telah membeli smartphone 4G.

Kata kunci : Social Need, Social Influence, Dependency, Purchase Behavior, Smartphone 4G

Subjek

MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH SOCIAL NEED, SOCIAL INFLUENCE, DAN CONVENIENCE TERHADAP DEPENDENCY ON SMARTPHONE DAN DAMPAKNYA PADA PURCHASE BEHAVIOR SMARTPHONE 4G DI INDONESIA
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KARTIKA SENJA WIDYAWATI
Perorangan
MAYA ARIYANTI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • MM200214 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • MM310114 - CONSUMER BEHAVIOUR
  • CSH623 - TESIS
  • MMKA12 - PERILAKU KONSUMEN
  • MMPA16 - TESIS
  • IEH6B6 - TESIS
  • ELI2H6 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • IMI2B6 - TESIS
  • CII733 - TESIS
  • EMI2H6 - TESIS
  • TTI7Z4 - TESIS
  • CII9H5 - PENELITIAN DISERTASI DAN SEMINAR 1
  • CII9J5 - PENELITIAN DISERTASI DAN SEMINAR 2
  • CII9L5 - PENELITIAN DISERTASI DAN SEMINAR 3
  • CII9I1 - PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH 1
  • CII9K2 - PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH 2
  • CII9M3 - PENULISAN PUBLIKASI ILMIAH 3

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini