Pengaruh Sistem Insentif terhadap Motivasi dalam Pencapaian kinerja Individu Karyawan di Telkom Corporate University

YANA DAHYANA

Informasi Dasar

17.05.043
658
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Pencapaian kinerja unit di Telkom Corporate University pada rentang tahun 2009-2014 cenderung flat pada level moderate. Gambaran ini dapat dilihat dari pencapaian hasil Employee Engagement Survey (EES), Kepuasan kerja karyawan adalah 61,2% dengan kategori low satification index. Sedangkan untuk pencapaian performansi sebesar 60,43% pada level kurang memuaskan. Telkom telah menerapkan sistem insentif dengan harapan, karyawan dapat memberikan hasil kinerja yang maksimal. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh sistem insentif terhadap motivasi dalam pencapaian kinerja individu karyawan di Telkom Corporate University.

Tujuan dilakukan penelitian untuk mengetahui gambaran sistem insentif, motivasi dan kinerja individu. Termasuk mengukur pengaruh variabel sistem insentif terhadap motivasi karyawan, pengaruh motivasi terhadap kinerja individu dan pengaruh sistem insentif terhadap kinerja individu karyawan di Telkom Corporate University.

Penelitian menggunakan Teknik Sampling, proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 149 orang dari 224 orang Populasi karyawan Telkom Corporate University. Jenis penelitian metode deskriptif verifikatif, pengolahan data menggunakan SPSS 20.0 for windows. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji efek mediasi.

Hasil analisis deskriptif menyebutkan variabel karyawan berpendapat, bahwa sistem insentif berada dalam kategori bagus, motivasi karyawan dalam kategori sangat kuat dan kinerja individu berada dalam kategori kuat. Sistem insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi karyawan di Telkom Corporate University. Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja individu karyawan di Telkom Corporate University. Sistem insentif berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja individu karyawan di Telkom Corporate University. Hasil uji efek mediasi menunjukkan sistem insentif melalui motivasi, secara tidak langsung memberikan pengaruh yang lebih besar pada kinerja karyawan, dibandingkan dengan pengaruh langsung pada kinerja individu.

Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui untuk meningkatkan kinerja individu karyawan, sebaiknya Telkom Corporate University lebih bijak, lebih menarik dalam memberikan besaran insentif sesuai beban kerja dan hasil kerja. Selain itu juga senior leaders, manager harus lebih kreatif dalam memotivasi karyawan dan memberikan teladan yang baik kepada karyawannya agar dapat memaksimalkan kinerja.

Kata kunci: Sistem Insentif, Motivasi, Kinerja Individu

Subjek

PERSONNEL MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Sistem Insentif terhadap Motivasi dalam Pencapaian kinerja Individu Karyawan di Telkom Corporate University
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YANA DAHYANA
Perorangan
ADE IRMA SUSANTY
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini