PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS UMKM (STUDI PADA UMKM BERBASIS SUSU DI WILAYAH TANJUNGSARI, SUMEDANG)

AJI ABDULRACHIM

Informasi Dasar

17.04.698
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di Kabupaten Sumedang, terdapat beberapa sentra UMK unggulan, diantaranya tahu Sumedang, senapan angin, handicraf Cipacing, ubi Cilembu, opak Cimanggung dan Congeang, tape singkong, oncom pasir reungit, tembakau, jagung, kopi dan sapi perah (Laporan tahunan, Dinas Industri, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Sumedang, 2015). Salah satu fokus dari sentra-sentra UKM yang ada di Sumedang adalah usaha berbasis susu pada sentra sapi perah yang peternaknya tergabung dalam Koperasi Serba Usaha (KSU) Tandangsari. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh kompetensi kewirausahaan terhadap produktivitas pengusaha UMK berbasis susu di wilayah Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif, pengumpulan data dengan teknik wawancara dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pengusaha berbasis susu yang membeli bahan baku susu di KSU Tandangsari berjumlah 89 dan teknik pengambilan sampel semua pengusaha berbasis susu yang ada di kecamatan Tanjungsari, Pamulihan, Cimanggung dan Sukasari dengan jumlah sampel 38 responden. Mengunakan analisis regresi dan korelasi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas.

Kata Kunci: Kompetensi kewirausahaan, produktivitas pengusaha UMK berbasis susu.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

PENGARUH KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PRODUKTIVITAS UMKM (STUDI PADA UMKM BERBASIS SUSU DI WILAYAH TANJUNGSARI, SUMEDANG)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AJI ABDULRACHIM
Perorangan
CUT IRNA SETIAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini