Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Online Shop Alco Di Media Sosial Instagram

NUR AMALINA FILDZAH

Informasi Dasar

17.04.707
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Alco adalah usaha kecil menengah yang memproduksi sweater rajut. Alco mengaku tentang sebuah peningkatan penjualan setelah melakukan endorsement kepada celebrity endorser. Namun, terjadi penurunan penjualan pada pertengahan tahun 2016 sekalipun Alco telah menggunakan celebrity endorser. Dari hasil survey awal yang peneliti lakukan untuk membuktikan pengakuan Alco, hasil survey tersebut menunjukkan responden mengetahui online shop Alco dan melakukan keputusan pembelian karena celebrity endorser, word of mouth, dan explore Instagram. Di dalam Instagram, selain celebrity endorser yang dapat mempengaruhi sebuah keputusan pembelian terdapat caption seseorang dalam sebuah foto di media sosial Instagram. Dan dari caption tersebut dapat dikatakan sebagai word of mouth yang diungkapkan oleh konsumen sebuah online shop di Instagram. Karena explore Instagram merupakan fitur milik Instagram, maka penelitian ini menggunakan variabel independen celebrity endorser dan word of mouth. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk sweater online shop Alco di media sosial Instagram. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk sweater online shop Alco di media sosial Instagram, pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian produk sweater online shop Alco di media sosial Instagram, pengaruh celebrity endorser dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk sweater online shop Alco di media sosial Instagram dan pengaruh celebrity endorser dan word of mouth secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian produk sweater online shop Alco di media sosial Instagram. Selebriti adalah tokoh (aktor, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat karena prestasinya di dalam bidang-bidang yang berbeda dari golongan produk yang di dukung. Para pengiklan dan biro-biro periklanan bersedia membayar harga tinggi kepada kaum selebriti tersebut yang disukai dan dihormati oleh khalayak yang menjadi sasaran dan yang diharapkan akan mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen yang baik terhadap produk yang di dukung. (Shimp, 2010:250). Menurut Sernovitz (2012:8) Dapat disimpulkan bahwa word of mouth merupakan proses komunikasi antar manusia dari mulut ke mulut dimana penyampai informasi bukan merupakan sumber pemasaran atau iklan tertentu. Kotler dan Keller (2012:188) keputusan pembelian adalah proses keputusan dimana pelanggan benar-benar memutuskan untuk membeli dan menikmati barang atau jasa diantara berbagai macam pilihan alternatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kausal dengan metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Pada penelitian ini melibatkan 100 orang responden konsumen Alco di media sosial Instagram. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling tipe insidental sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan celebrity endorser dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial celebrity endorser dan word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,723. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel independen terhadap keputusan pembelian sebesar 72,3% sedangkan sisanya 27,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam peneltian ini.

Subjek

Marketing - strategy
 

Katalog

Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sweater Online Shop Alco Di Media Sosial Instagram
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NUR AMALINA FILDZAH
Perorangan
Devilia Sari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini