Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Samsung Service Center Cimahi)

SELBIYATIN NISA

Informasi Dasar

17.04.722
650
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membawa suatu perubahan yang cukup signifikan, khususnya dalam industri telekomunikasi. Salah satu media telekomunikasi yang paling diminati akhir-akhir ini adalah smartphone. Dengan banyaknya pesaing dan semakin kompetitifnya pasar smartphone, Samsung sebagai salah satu produsen smartphone selalu berusaha untuk meningkatkan penjualan serta mutu pelayanan terhadap masyarakat salah satunya dengan menerapkan program Customer Relationship Management (CRM) dimana Samsung menyediakan service center untuk menangani keluhan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh CRM terhadap loyalitas pelanggan Samsung service center Cimahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dimana jumlah populasi yang dijadikan sampel sebanyak 323 orang yang didapat dari metode non-probability sampling dengan teknik judgement sampling. Data didalam penelitian ini didapatkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini secara parsial, hanya sub variabel teknologi yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian dari hasil pengujian secara simultan diketahui bahwa CRM (X) terbukti positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas pelanggan (Y).

Kata kunci: Customer Relationship Management (CRM), loyalitas pelanggan, Samsung

Subjek

CUSTOMER RELATIONS
 

Katalog

Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Samsung Service Center Cimahi)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SELBIYATIN NISA
Perorangan
NADYA NOVANDRIANI KARINA MOELIONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini