Presentasi Diri Melalui Media Sosial Snapchat (Studi Dramaturgi: Pengguna Snapchat Di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom Bandung)

ANDI RIRIN SARASWATI

Informasi Dasar

17.04.793
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Snapchat merupakan salah satu media sosial berbasis microblogging yang memiliki nilai keunikan tersendiri, yang menyajikan penggabungan antara SMS, Photography, dan video streaming. Snapchat memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengekspresikan keinginanannya dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yng disediakan oleh Snapchat seperti teks, filters, emoticons, dan colouring. Melalui aktivitas tersebut memungkinkan penggunanya untuk melakukan presentasi diri. Oleh karena itu, setiap orang tentu memiliki cara tersendiri untuk menampilkan dirinya di hadapan orang lain, termasuk mahasiswa. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pengelolaan kesan mahasiswa di panggung depan, proses pengelolaan mahasiswa di panggung tengah, dan kehidupan sebenarnya mahasiswa di panggung belakang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma kontruktivis. Sedangkan metode pendekatan dalam penelitian adalah dramaturgi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap pengguna Snapchat memiliki cara yang berbeda sesuai dengan keinginan mereka dalam melakukan pengelolaan kesan. Bagi pengguna, Snapchat telah dijadikan sebagai daily activity dan live report untuk aktivitas sehari-hari. Pengguna Snapchat pun memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Snapchat sebagai atribut pendukung sebelum menampilkan dirinya di pengguna lain dan ketika berada di kehidupan nyata, pengguna Snapchat melakukan aktivitas layaknya manusia pada umumnya, beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan rekan-rekannya.

Subjek

COMMUNICATION-SCIENCE
 

Katalog

Presentasi Diri Melalui Media Sosial Snapchat (Studi Dramaturgi: Pengguna Snapchat Di Kalangan Mahasiswa Universitas Telkom Bandung)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI RIRIN SARASWATI
Perorangan
ARIE PRASETIO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini