PRESENTASI DIRI FUNGSIONARIS ORGANISASI MAHASISWA DI MEDIA SOSIAL LINE (Studi Dramaturgi Fungsionaris Badan Eksekutif Mahasiswa Kabinet SHINE Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University)

MIA AUDINI

Informasi Dasar

17.04.830
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi internet secara pesat memudahkan akses manusia bertemu dalam suatu jaringan dengan sesamanya menjadi terasa tidak berjarak dan tidak berbatas dalam berkomunikasi. Sebagai akibat perkembangan tersebut memicu adanya perubahan pada realitas sosial khususnya dalam mempresentasikan diri yang dilakukan oleh individu, kelompok, dan tim organisasi di realitas maya (Boyer, 2006 : 4). Presentasi diri atau sering disebut dengan manajemen impresi (impression management) merupakan sebuah tindakan menampilkan diri yang dilakukan oleh setiap individu untuk mencapai sebuah citra diri yang diharapkan. (Boyer,2006 : 4). Goffman menjelaskan kehidupan sosial menjadi dua bagian yaitu: panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage). Panggung depan merupakan bagian pertunjukan atas penampilan dan gaya. Dipanggung ini sang aktor akan membangun dan menunjukan sosok ideal dari identitas yang akan ditonjolkan dalam interaksi sosialnya. Sedangkan panggung belakang merupakan tempat individu akan tampit “seutuhnya” dalam arti identitas aslinya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi dramaturgi. Data diperoleh melalui wawancara terstruktur, dan observasi secara tidak langsung. Informan dalam penelitian ini merupakan fungsionaris inti dari Badan Eksekutif Mahasiswa Kabinet SHINE Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University (BEM FKB Tel-U). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fungsionaris BEM FKB TEL-U Kabinet SHINE memanfaatkan kelima (5) fitur LINE yaitu LINE Official Account (LINE OA), Group Chat, Personal Chat, Home Timeline, dan Display Picture & Header sebagai panggung depan untuk mempresentasikan diri sebagai bagian dari BEM, sedangkan pengelolaan kesan pada panggung belakang mereka cenderung mejadi diri mereka apa-adanya yaitu ketika berada di media sosial diluar LINE. Pada penelitian ini, peneliti menemukan perbedaan yang signifikan antara pengelolaan kesan di panggung depan dan panggung belakang yang dilakukan oleh fungsionaris BEM.

Kata Kunci: Presentasi diri, LINE, Pengelolaan Kesan, Panggung Depan, Panggung Belakang

Subjek

MEDIA-SOCIAL ASPECTS
 

Katalog

PRESENTASI DIRI FUNGSIONARIS ORGANISASI MAHASISWA DI MEDIA SOSIAL LINE (Studi Dramaturgi Fungsionaris Badan Eksekutif Mahasiswa Kabinet SHINE Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIA AUDINI
Perorangan
Yuliani Rachma Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini