ANALISIS PERFORMANSI DTN ROUTING PROTOKOL UNTUK LINGKUNGAN PERKOTAAN BERBASIS PUBLIC TRANSPORT MENGGUNAKAN METODE GTDM

RENDY RISTANDI

Informasi Dasar

17.04.875
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Routing protokolGTDM pada jaringan DTNsaat ini masih belum efisienuntuk diterapkankarena user harus mengambil sendiri paket miliknya. pada penelitian ini,dilakukanmodifikasiRouting DTN GameTheory based on Decision Making (GTDM)di kota Bandung sebagai solusi penyebaran informasimelalui jaringan DTN untuk membantu perkembangan smart city.

Pada Tugas Akhir ini, dilakukan simulasi routing protokol GTDM asli dan dibuat modifikasi routing dengan merubah node tujuan yang semula menggunakan node statis sebagai tujuan akhir pesan dengan asumsi user akan mengambil sendiri paket miliknya, dirubah menjadi node manusia sehingga user tidak perlu mengambil sendiri paket miliknya dan menggunakan ferry node dengan model pergerakan yang juga akan dianalisa.

Dari hasil simulasi didapat bahwa ferry node dengan model pergerakan Shortest PathMapBasedMovement lebih unggul dibandingkan dengan pergerakan MapRouteMovement. Modifikasi routing GTDM ini dapat bersaing dengan routing GTDM asli dan unggul dalam aspek overhead ratiodengan peningkatan performansi sebesar 283,5% dibandingkan dengan GTDM yang asli, sedangkan dalam aspek performansi packet delivery ratio, unggul dalam beberapa kondisi dan bisa mengalami peningkatan sampai 141,39%. Perubahan jumlah node manusia berpengaruh pada modifikasi routing ini. Delivery probability mengalami penurunan sekitar 5,76% seiring bertambahnya 100 node manusia. Sedangkan overheadratio mengalami penurunan angka yang sangat signifikan. Latency pada GTDM asli maupun modifikasi mengalami kenaikan sekitar 2,9%. Perubahan kapasitas buffer berpengaruh terhadap performansi GTDM. Delivery probability GTDM asli mengalami peningkatan sampai 4% sedangkan pada modifikasi GTDM mengalami penurunan sampai 25,2%. Overhead ratio pada GTDM asli mengalami penurunan nilai sampai 19,7%dan pada GTDM modifikasi mengalami penurunan 21,5%. Latency pada GTDM asli mengalami kenaikan nilai sampai 18,6% dan pada GTDM modifikasi naik hingga 17,3%.

Key Words: Delay Tolerant Network, DTN Routing Protokol, GTDM, Single Copy Forwarding,Ferry Node, ONE

Subjek

Network - design - & implementation
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI DTN ROUTING PROTOKOL UNTUK LINGKUNGAN PERKOTAAN BERBASIS PUBLIC TRANSPORT MENGGUNAKAN METODE GTDM
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RENDY RISTANDI
Perorangan
LEANNA VIDYA YOVITA, TODY ARIEFIANTO WIBOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

  • FEG2G3 - JARINGAN KOMPUTER DAN DATA
  • KUG1A3 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
  • TTH4B4 - TUGAS AKHIR
  • TTH4G3 - MODEL DAN SIMULASI JARINGAN KOMUNIKASI
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR
  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini