Perancangan dan Implementasi Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta SMP Kelas 7 BERBASIS WEB (Studi Kasus: SMP Stella Maris Jakarta)

ADI PRABOWO

Informasi Dasar

17.06.163
004
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta (PLKJ) adalah Mata pelajaran yang berisi tentang kehidupan lingkungan kehidupan jakarta dari jaman prasejarah hingga berkembangnya kota jakarta saat ini. Mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta (PLKJ) merupakan mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Muatan Lokal (Mulok) adalah mata pelajaran yang hanya dipelajari di kota yang bersangkutan dengan kata lain mata pelajaran muatan lokal merupakan mata pelajaran yang hanya mempelajari suatu tentang bahasa,lingkungan atau sejarah dari kota tertentu saja dan tidak diajarkan di kota-kota lainnya. Tujuan yang akan dicapai adalah membangun sebuah aplikasi berbentuk web sebagai media pembelajaran tentang Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi agar siswa mudah bosan dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Dalam pengerjaan aplikasi web ini penulis menggunakan metode prototype. Dengan menggunakan metode prototype agar memudahkan interaksi antara pembuat dan user sehingga aplikasi yang dibangun dapat sesuai dengan kebutuhan user. Tools yang digunakan untuk membuat Media pembelajaran berbasis web ini antara lain PHP, HTML5, CSS3, JavaScript, Jquery. Media pembelajaran berbasis web ini menampilkan fitur-fitur berupa halaman login, registrasi siswa, homepage siswa, halaman materi, latihan soal siswa, pemutaran video, login guru/admin, homepage guru, update materi, mengelola latihan soal, update latihan soal, edit data video Kesenian . Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMP Stella Maris maka dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi yang dibuat sudah dapat menghilangkan kebosanan siswa dalam mempelajari Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta, maka aplikasi yang dibuat bisa dinyatakan berhasil karenan sudah dapat mencapai tujuan berdasarkan masalah yang ada.

Kata Kunci: PLKJ, Mulok, Prototype, Web.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Kehidupan Jakarta SMP Kelas 7 BERBASIS WEB (Studi Kasus: SMP Stella Maris Jakarta)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADI PRABOWO
Perorangan
IRAWAN THAMRIN, PRAMUKO AJI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini