PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP ANNULAR RING DENGAN TEKNIK PENCATUAN ELECTROMAGNETICALLY COUPLED (EMC) PADA FREKUENSI (2.3-2.4) GHz

DIAN NEGARA

Informasi Dasar

111030130
621.382 4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi komunikasi wireless berkembang semakin cepat dan beragam sehingga memunculkan berbagai standar teknologi baru. Antena sangat berperan dalam perkembangan teknologi komunikasi wireless yang secara umum berfungsi sebagai pengubah gelombang terbimbing yang dilewatkan pada saluran transmisi menjadi gelombang ruang bebas dan sebaliknya.
Antena yang akan dirancang memiliki aplikasi W-LAN (Wireless-Local Area Network). Berdasarkan standart 802.11 b & g, W-LAN mempunyai range wilayah frekuensi antara 2.400 MHz – 2.483,5 MHz. Antena ini juga diharapkan akan bekerja dengan baik untuk aplikasi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dan BWA (Broadband Wireless Access) 2,5 GHz. Untuk WiMAX bekerja pada range frekuensi antara 2.300 MHz – 2.390 MHz yang terbagi kedalam 6 kanal pita frekuensi. Sedangkan untuk BWA 2,5 GHz bekerja pada range frekuensi 2.500 MHz – 2.520 MHz dan 2.670 MHz – 2.690 MHz. Untuk sebuah pengguna yang ingin menjalankan teknologi di atas, pada perangkat terminalnya diperlukan suatu perangkat antena yang bisa beroperasi pada frekuensi operasi aplikasi tersebut.
Dalam tugas akhir ini digunakan sebuah metode pencatuan antena mikrostrip yaitu metode pencatuan electromagnetically coupled (EMC). Dengan menggunakan EMC, radiasi yang tidak diinginkan menjadi lebih sedikit dan memiliki keuntungan mempunyai karakteristik wideband tanpa beberapa rangkaian matching. Metode pencatuan EMC dapat mengatasi kelemahan dari antena mikrostrip konvensional yang memiliki karakteristik narrow bandwidth. Desain antena mikrostrip ini menggunakan metode EMC dengan struktur feeder L-strip. Software simulator yang digunakan adalah Ansoft HFSS 9.2.
Kata kunci : Antena Mikrostrip, W-LAN, WIMAX, Electromagnetically

Subjek

Antennas-electromagnetics
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP ANNULAR RING DENGAN TEKNIK PENCATUAN ELECTROMAGNETICALLY COUPLED (EMC) PADA FREKUENSI (2.3-2.4) GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAN NEGARA
Perorangan
HEROE WIJANTO; YUYU WAHYU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini