ANALISA PENDETEKSIAN DAN KLASIFIKASI RAMBU JALAN MENGGUNAKAN HIDDEN MARKOV MODEL

NADHILAH RAHMI AMELIA PUTRI

Informasi Dasar

111070139
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rambu-rambu lalu lintas merupakan suatu petunjuk di jalan yang sangat berguna untuk para pengemudi guna membuat perjalanan lebih mudah dan lebih aman. Banyak pengguna jalan yang kurang mengenali jalan yang dilaluinya beserta rambu-rambu yang ada. Selain itu, mata manusia seringkali menghadapi masalah berupa kelelahan,mengantuk dan kurang awas dalam memperhatikan petunjuk jalan yang ada. Petugas jalan raya sering pula kurang menyadari bila ada rambu-rambu yang hilang atau rusak disepanjang jalan. Tugas akhir ini membahas mengenai pendeteksian dan klasifikasi rambu-rambu lalu lintas guna membantu mengatasi masalah-masalah yang berkaitan dengan keterbatasan manusia tersebut.
Masing-masing rambu lalu lintas memiliki makna yang berbeda-beda. Perbedaan masing-masing rambu dapat dilihat dengan mudah oleh mata manusia karena masing-masing rambu memiliki warna dan bentuk yang berbeda.Tugas akhir ini akan memanfaatkan ciri khas dari masing-masing rambu ini dalam pendeteksian makna dari rambu-rambu lalu linta tersebut. Pada tugas akhir ini digunakan mode offline dalam penelitian. Tahap pertama yang dilakukan adalah preprocessing guna mendapat gambar yang sesuai kriteria agar lebih mudah diproses ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya adalah ekstraksi cirri dengan menggunakan gabur sehinggal didapatlah cirri dari rambu yang akan digunakan dalam proses pengklasifikasian. Langkah selanjutnya adalah pendeteksian/pengklasifikasian objek/gambar yang terdapat pada rambu dengan menggunakan Hidden Markov Model. Pada tugah akhir ini dianggap bahwa tidak ada papan reklame/papan lainnya disekitar rambu.
Penelitian tugas akhir ini diharapkan mampu menghasilkan output berupa suatu sistem yang dapat mengenali atau mengidentifikasikan dan mengklasifikasikan rambu-rambu lalu lintas yang ada. performansi system ini memiliki akurasi mencapai 83,33% dengan waktu komputasi 8,15 detik. Kata Kunci : rambu-rambu lalu lintas, Hidden Markov Model,

Subjek

SIGNAL PROCESSING ALGORTITHMS
 

Katalog

ANALISA PENDETEKSIAN DAN KLASIFIKASI RAMBU JALAN MENGGUNAKAN HIDDEN MARKOV MODEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADHILAH RAHMI AMELIA PUTRI
Perorangan
BAMBANG HIDAYAT, SURYO ADHI WIBOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini